Kenali 4 Jenis Cedera yang Sering Dialami Oleh Pemain Bola

Jenis-Jenis Cedera yang Sering Terjadi Pada Pemain Bola
Ilustrasi cedera Sumber | Pixabay.com

Cedera adalah suatu kerusakan yang terjadi pada struktur dan fungsi tubuh dan disebabkan lantarah suatu paksaan atau tekanan fisik serta kimiawi. Cedera pada pemain bola memang kerap kali timbul, tidak jerang mereka merasa kesakitan sampai membutuhkan pertolongan tim medis. Sebeanarnya cedera apa saja yang sering dialami oleh pemain bola, ketahui dengan penjelasan dibawah ini.

Jenis-Jenis Cedera yang Sering Dialami Oleh Pemain Bola


1. Cedera ligamen lutut

Cedera ini memang sering kali dialami pemain bola, gejala yang akan ditimbulkan adalah rasa nyeri di lutut, terdengar suara letupan atau seperti patah, terjadi pembengkakan, rasa longgar maupun nyeri yang sangat terasa, saat bertumpuh dengan lutut yang cedera. Sedangkan untuk mndeteksinya diperlukan pemeriksaan lanjutan semacam pengecekan X-RAY ataupun MRI

Pada kasus-kasus tertentu dokter kemungkinan harus melakukan semacam tindakan menggunakan jarum, guna menyedot darah dari lutut yang membengkak. Apabila kamu merasakan salah satu dari gejala diatas sebaiknya segera diperiksa agar mendapatkan penanganan yang maksimal.

2. Cedera engkel

Cedera yang satu ini juga tidak kalah seringnya terjadi, cedera pada pergelangan kaki dapat terjadi jika sendi pergelangan kaki terpelintir terlalu jauh dari posisi normalnya. Hal tersebut bisa mengakibatkan :
  • Nyeri
  • Memar
  • Pembengkakan
  • Dan ketidakmampuan untuk berjalan
Cedera engkel sering disalah artikan sebagai hanya keseleo, kalau kamu merasakan gejala diatas lebih baik segeralah periksakan diri kalian sebelum cedera yang dialami bertambah parah.

3. Cedera hamstring

Cedera yang terjadi di paha bagian belakang ini akan menyebabkan satu atau lebih dari otot-otot tersebut menjadi kelebihan beban. Cedera hamstring dapat dialami saat terlalu banyak melakukan gerakan berlari, melompat atau berhenti lalu melakukan gerakan kaki secara tiba-tiba. Masa penyembuhan otot ini juga terbilang lama, dibutuhkan ahli terapi fisik maupun fisioterapi guna memaksimalkan penyembuhannya.

4. Patah tulang

Patah tulang atau yang secara medis disebut sebagai fraktur, terjadi saat kontinuitas tulang mengalami kerusakan. Hal ini akan mengakibatkan nyeri yang hebat, pembengkakan dan penderita jadi sulit menggerakkan bagian yang patah. Pada kasus patah tulang terbuka dapat disertai dengan pendarahan, sehingga harus dilakukan terlebih dahulu pemeriksaan fisik sesuai dengna gejala yang dialami. 

Selain itu harus dipertimbangkan hal yang menyebabkan terjadinya patah tulang. Pemeriksaan X-RAY juga diperlukan buat melihat kondisi tulang yang patah. Setelah masa penyembuhan sekalipun, kamu tetap disarankan buat melakukan pemeriksaan secara menyeluruh agar bisa memastikan anggota tubuh sudah berfungsi dengan kembali normal.

Itu tadi penyakit-penyakit yang mampu mencederai para pemain bola, kalau Anda merasakan hal-hal seperti diatas kamu harus segera memeriksakan masalah tersebut pada ahlinya agar mendapatkan penanganan yang tepat.