Ini 5 Cara Penularan HIV yang Sering Anda Lakukan

Kenapa Anda harus tahu bagaimana cara penularan HIV! Ini dikarenakan sering kali para penderita hiv di kucilkan oleh masyarakat, di sebabkan karena orang-orang di sekitar mereka takut terinveksi virus ini. Sebenarnya apasih virus HIV itu? HIV adalah suatu virus yang menyebabkan menurunnya kekebalan tubuh pada seseorang. Akibat dari virus ini akan membuat orang tersebut menjadi lebih mudah terinfksi. Infeksi ini dapat berupa berbagai macam infeksi seperti infeksi jamur, infeksi kuman dan infeksi lainnya, sehingga tentunya penyakit ini sangat berbahaya bagi pasien itu sendiri.

Cara Penularan HIV yang Harus Anda Ketahui

Mitos-mitos yang berkembang di masyarakan tentang cara penularannya menjadi suatu hal yang memang perlu di perhatikan. Karena mitos tersebut akan membuat penderita hiv menjadi tidak nyaman dan menyebabkan sipenderita harus di kucilkan oleh keluarga-keluarga terdekat mereka yang pada dasarnya dia adalah bagian dari masayarakat. Di bawah ini kalian akan di bertahu bagaimana dan lewat apa saja HIV ini bisa masuk ke dalam tubuh.

Cara Penularan HIV


1. Penggunaan Jarum Suntik

Cara Menularnya HIV yang Perlu Anda Ketahui

Penggunaan jarum suntik ini sangat berbahaya, apalagi jarum suntik yang Anda gunakan adalah jarum yang sudah berulang kali di pakai. Penggunaan jarum suntik yang biasannya menyebabkan HIV yaitu terjadi pada pengguna narkoba terutama jenis putaw. Tetapi sampai pada tahun 2016 angaka orang yang terjangkit HIV kerena penggunaan jarum suntik yang salah itu hanya 5% dari orang yang terkena hiv oleh faktor risiko lainnya. 

Karena pada dasarnya orang yang memakai putaw mereka menggunakan jarum suntik secara bergantian tanpa menggantinya dengan jarum yang masih steril. Ini lah yang paling berbahaya, karena di khawatirkan jarum suntik yang sudah di gunakan ini, tidak bersih dari darah dan tanpa di ketahui pengguna sebelumnya terkena hiv kemudian masuk ke dalam kulit orang lain, hal tersebut lah yang menjadikan kegiatan ini menjadi sangat berbahaya.

2. Penggunaan Jarum Tatto

Cara Menularnya HIV yang Perlu Kamu Ketahui

Bagi kalian yang sering menggunakan jasa tatto, kamu harus berjaga-jaga karena khawatirnya ada beberapa orang yang menggunakan jarum tatto kurang streril. Di sarankan apabila Anda senang untuk di tatto, kamu harus bertanya terlebih dahulu apakah jarum yang akan di gunakan steril atau tidak. Ini merupakan salah satu kegiatan yang bisa mentransfer virus hiv kedalam tubuh seseorang, dan Admin menyarankan akan lebih baik kalau kamu tidak menggunakan tatto sedikit pun.

3. Transfusi Darah

Cara Menularnya HIV yang Perlu Kamu Ketahui

Transfusi darah apa sih yang di maksud? Transfusi darah yang di maksud misalnya Anda adalah seseorang yang sedang terjangkit hiv lalu hendak melakukan suatu kegiatan donor darah. Darah yang telah kamu donorkan dan terinfeksi virus tadi di gunakan oleh orang lain. Pada akhirnya pun virus tersebut juga akan masuk ke tubuh si pengguna darah Anda tadi. 

Tetapi untuk sekararang angka orang terkena hiv yang di sebabkan karena transfusi darah sudah sangat-sangat jarang, karena dari PMI sendiri sudah menerapkan metode yang sangat canggih seperti screening dan lain-lain. Sehingga ketika Anda sedang mendonorkan darah dan di dalamnya terdapat hiv nantinnya kamu akan di beritahu, jadi anda tidak perlu khawatir lagi tentang masalah ini.

4. Kegiatan Hubungan Seksual

Mungkin kalian sedang bertanya-tanya, hubunga seksual seperti apa sih yang beresiko atau berbahaya? Adalah hubungan seks yang tidak aman dan random. Kenapa tidak aman? Yang di maksut tidak aman di sini adalah ketika kalian melakukan hubungan seks tanpa menggunakan pengaman.

Jika mungkin Anda sering gonta-ganti pasangan seks, hal ini bisa memicu resiko yang lebih tinggi untuk terjangkit hiv. Perlu di ketahui di sini ialah walaupun Anda sudah menggunakan pengaman sekalipun tidak akan menjamin 100% orang akan aman dari tertularnya virus ini. Anda di sarankan lebih baik untuk merubah pola hidup dan di usahakan cukup mempunyai suami/istri satu saja.

5. Adanya Kontak Darah

Cara Menularnya HIV yang Pelru Kamu Ketahui

Kontak yang di maksut di sini adalah kontak antara darah seseorang dengan orang lain. Misalnya ciuman, pada dasarnya ciuman tidak akan menyebabkan menularnya hiv. Tetapi pada saat Anda dan pasanga ciuman sedang mengalami sariawan dan terdapat luka terbuka, di khawatirkan akan terdapat darah atau cairan apapun kecuali air liur di area bibir. 

Yang di takutkan di sini yaitu ketika Anda berciuman dan terjadilah interaksi antar darah yang akhirnya menyebabkan hiv bisa tertular. Perlu di ketahui bahwasannya menurut medis berjabat tangan, penggunaan alat makan, penggunaan baju dan barang ini hanya mitos belaka akan menyebabkan hiv, karena virus tersebut tidak akan menular semudah itu.

Baca Juga :