Ini Penyebab Asam Urat yang Sering di Sepelekan

Yang perlu Anda ketahui disini adalah tidak semua nyeri sendi ataupun nyeri lutut itu diakibatkan asam urat. Apa itu asam urat? Asam urat merupakan senyawa NITROGEN yang dihasilkan dari METABOLISME di dalam tubuh kalian, baik itu dengan melalui metabolisme protein atau metabolisme DNA dalam tubuh kita.

Penyebab Asam Urat yang Mungkin Sering Kamu Abaikan

Semua orang setiap harinya mengonsumsi makanan yang mengandung protein, karbohidrat, lemak dan sebagainnya yang merupakan nutrisi bagi tubuh. Makanan yang kamu konsumsi sebagain besar akan di serap oleh tubuh dan sebagiannya lagi akan menjadi limbah bagi tubuh kamu. Limbah-limbah ini akan di keluarkan oleh tubuh melalui usus dan ginjal.

Kenapa walaupun limbah ini sudah di keluarkan Anda masih bisa terkena penyakit asam urat? Ini di karenakan proses pengeluaran limbah tersebut tidak berjalan dengan lancar atau kemungkinan limbah yang masuk terlalu banyak. Pada dasarnya tubuh manusia itu sebenarnya memiliki mekanisme untuk membuang limbah-limbah ini termasuk asam urat agar tubuh kalian tetap dalam keadaan sehat.

Namun, pada kasus-kasus tertentu atau pada beberapa orang justru asam urat ini akan mengendap pada jaringan maupun sendi mereka, hal ini biasa di kenal dengan sebutan Gout Arthritis apabila mengendap pada sendi. Sedangkan penyebab asam urat itu sendiri ada bermacam-macam di antaranya yaitu :

Penyebab Asam Urat


1. Produksi Asam Urat yang Berlebih

Pada kasus seperti ini mereka yang menderita kanker akan terjadi Turn Over Purin yang berlebihan di dalam tubuhnya yang di hasilkan dari metabolisme DNA. Sehingga terbentuk purin yang cukup banyak dan akhirnya memicu timbulnya penyakit asam urat.

2. Ekskresi yang Menurun

Apa itu ekskresi? Yaitu merupakan pengeluaran zat sisa yang tidak di butuhkan lagi oleh tubuh kita. Kalau fungsi ekskresi di dalam tubuh menurun maka limbah-limbah ini tidak bisa di keluarkan, karena limbah ini termasuk zat yang tidak di butuhkan lagi oleh tubuh.

3. Apa yang Anda Konsumsi

Yang di maksud apa yang Anda konsumsi di sini adalah mengonsumsi purin yang berlebihan misalnya seperti jeroan, daging merah, kemudian makanan-makanan semacam seafood misalnya kepiting dan udang, pada makanan-makanan sepeprti ini Anda akan mengonsumsi purin atau intek purin yang berlebihan. Lalu mengonsumsi Alkohol juga dapat meningkatkan asam urat, konsumsi obat-obatan misalnya obat DIURETK yang biasa di gunakan para penderita darah tinggi. Selanjutnya ada juga obat pengencer darah misalnya ASPIRIN ini juga dapat meningkatkan kadar asam urat pada tubuh kamu.

4. Stres

Sebelumnya kita telah membahas 3 hal yang penyebabkan penyakit asam urat, selain itu penyakit ini juga bisa di picu oleh stres yang berlebihan. Maka dari itu Anda memerlukan keseimbangan hidup, mungkin kamu sudah menghindari makanan yang dapat memicu asam urat atau intake tinggi purin. Tetapi jika kamu tidak mengontrol stres berlebihan dengan baik ini malah akan mengganggu mekanisme di dalam tubuh kalian.

Baca Juga : Ketahui Cara Mengobati Asam Urat Secara Alami

Hal tersebut bisa menyebabkan pembuangan limbah di dalam tubuh jadi terganggu dan akhirnya asam urat yang seharusnya di buang menjadi tidak dapat di keluarkan oleh tubuh dan mengendap di jaringan seperti pada ginjal. Apabila asam urat tersebut mengkristal dan mengendap di jaringan ginjal itu akan membentuk batu ginjal.