Ketahui Cara Mengobati Asam Urat Secara Alami

Tidak hanya orang tua yang sudah lanjut usia, kalian yang masih muda pun tidak menutup kemungkinan untuk terkena penyakit asam urat khususnya bagi laki-laki yang sudah berusia 30-50 tahun. Bukan berarti perempuan tidak bisa terkena asam urat, wanita juga bisa terkena penyakit ini meskipun cenderung lebih banyak menyerang laki-laki. Apakah asam urat yang tinggi membuat sendi mu terasa nyeri? Hati-hati jangan meminum sembarang obat, apalagi obat-obatan herbal yang tidak terdaftar.

Asam Urat | Cara Mengobatinya Secara Alami

Sebelumnya Apa itu asam urat?  Penyakit asam urat adalah suatu kondisi di mana tubuh akan memproduksi asam urat secara berlebih sehingga menumpuk di dalam tubuh. Penumpukan tersebut bisa membentuk kristal di sendi sehingga memicu timbulnya rasa nyeri, peradangan, dan pembengkakan yang mungkin sering di keluhkan oleh banyak penderita asam urat.

Apabila Anda sering merasakan keluhan-keluhan tersebut, sebaiknya periksakan kadar asam urat Anda dengan melalui tes darah. Jika dalam hasil tes darah menunjukkan kadar asam urat kamu tinggi, kamu bisa langsung periksakan ke dokter terkait agar langusung mendapatkan penanganan. Biasanya akan di berikan obat-obatan untuk meredakan keluhan dan mengatasi kondisi yang di alami. 

Sebenarnya selain meminum obat-obatan ada beberapa cara alami yang bisa Anda lakukan untuk membantu menangani penyakit asam urat, asalkan selama itu masih atau sudah mendapat persetujuan dari dokter. Kalau kamu ingin mengonsumsi obat yang alami kamu bisa mencoba berbagai pilihan berikut ini.

Cara Mengobati Asam Urat


1. Minum Kopi

Beberapa penelitian menunjukkan bahwasanya kopi dapat membantu mengurangi risiko penyakit asam urat. Ini di sebabkan karena kopi diduga mengandung sumber antioksidan kuat yakni Asam Klorogenat yang bisa menurunkan risiko asam urat. Akan tetapi, lebih baik kalian konsultasikan ke dokter terlebih dahulu mengenai jumlah kopi yang aman untuk di konsumsi.

2. Konsumsi Buah yang Kaya Antioksidan

Buah-buahan yang kaya akan antioksidan misalnya seperti Anggur, Blackberry, Blueberry, dan Raspberry. Janis buah-buahan tersebut bisa menjaga asam urat kalian agar tetap terkendali, Anda juga bisa mengonsumsi buah carry yang mampu menurunkan kadar asam urat sekaligus mengurangi jumlah serangan asam urat.

3. Menjalani Terapi

 Selain menggunakan obat-obatan alami di atas, Anda juga bisa menjalani terapi buat mengurangi rasa nyeri yang di akibatkan asam urat berlebih pada tubuh. Misalnya, lakukanlah terapi akupuntur dengan terapis yang terpercaya atau kamu bisa melakukan terapi secara sendiri di rumah dengan menempelkan kompres panas dan kompres dingin di area yang terasa sakit secara bergantian.

Ubah Gaya Hidup


Selanjutnya untuk dapat mengurangi tingkat keparahan dari penyakit asam urat dan mencegah agar nantinya kamu tidak terserang penyakit seperti ini lagi, Anda di anjurkan supaya merubah gaya hidup menjadi lebih sehat. Lantas bagaimana caranya? Silahkan ikuti tips-tips di bawah ini :

1. Batasi Makanan Tinggi Purin

Makanan yang mengandung purin ini bisa meningkatkan kadar asam urat Anda. Maka dari itu, Anda di anjurkan untuk mengehindari Makanan-makanan seperti Daging merah, Jeroan, serta makanan laut atau seafood. Selain hal tersebut kalian juga di anjurkan untuk membatasi sayur-sayuran semacam :

  • Bayam
  • Jamur
  • Kembang kol
  • Kacang polong
  • Kacang panjang
  • Kacang merah

Ini di karenakan bahan-bahan tersebut mempunyai kandungan purin yang tinggi.

2. Hindari Minuman Beralkohol dan Mengandung Fruktosa

Hindari Minuman Beralkohol dan Minuman yang Mengandung Gula Buah atau Fruktosa. Akan lebih baik jika kalian mengganti minuman tersebut dengan air putih sebanyak 8 gelas perhari.

3. Mempertahankan Berat Badan Ideal

Cara mempertahankan agar berat badan ideal adalah dengan melalui pola makan gizi seimbang, sambil tetap memperhatikan pantanga-pantangan yang telah di sebutkan di atas tadi. Dan juga harap jangan lupa untuk berolahraga dengan teratur. Hal yang perlu Anda ketahui di sini ialah obesitas atau kelebihan berat badan merupakan salah satu faktor yang bisa meningkatkan risiko asam urat, oleh karena itu sebaiknya jaga berat badan kamu dengan baik.

Seperti yang sudah di sebutkan tadi meskipun kamu sudah menggunakan obat-obatan yang alami untuk mengobati asam urat, lebih baik konsultasikan terlebih dahulu ke dokter agar pengobatan yang Anda lakukan menjadi lebih efektif. Maka hindari lah sembarangan mengonsumsi obat herbal yang tidak terdaftar di BPOM.