Penyebab Sering Sakit Kepala yang Kerap Kali Diabaikan

Pada umumnya pasti semua orang pernah mengalami yang namanya sakit kepala, dan hal biasa yang sering di lakukan pertama kali pastilah mencari obat untuk meredakannya. Tapi perlu di ketahui bahwa penggunaan penawar ini hanya berguna buat menghilangkan gejala sementara.

Penyebab Sering Sakit Kepala yang Harus di Ketahui
Sakit kepala sumber (pixabay.com)

Namun bila penyebab dari penyakit terus di lakukan akan mengakibatkan sakit di kepala menjadi terulang terus. Oleh sebab itu, Anda perlu mengetahui apa saja penyebab yang bisa memicu sakit kepala tersebut.

Penyebab Sakit Kepala


1. Kurang Tidur

Mengapa kurang tidur mampu memicu sakit kepala? Ini di karenakan tidur merupakan suatu proses pemulihan tubuh setelah seharian beraktivitas. Apabila seseorang kekurangan tidur, secara tidak langsung raga mereka tidak dapat berstirahat akibat terlalu lama di gunakan, oleh karna itu bisa menimbulkan sakit di kepala. Berapa lama waktu tidur yang di butuhkan? Yaitu sekitaran 6-8 jam sehari lalu harus di pastikan kamu sudah beristirahat cukup.

2. Stress

Stress sering kali di alami oleh mahasiswa atau pekerja lainnya. Kalau kamu sedang mengalami stress akan membuat keadaan tubuh atau leher dan kepala menjadi tegang. Nah, di saat badan menegang ini lah yang menekan sistem saraf dan pembuluh darah, hal seperti ini biasa di sebut dengan TTH. Maka dari itu kamu harus bijak dalam mengatur stress buat menghindari masalah tersebut terulang kembali.

3. Dehidrasi

Kenapa dehidrasi juga bisa memicu penyakit kepala? Perlu kamu ketahui bahwasannya tubuh itu sebagian besar mengandung air. Saat mengalami dehidrasi secara otomatis sirkulasi di dalam badan tidak lancar dan metabolisme pun jadi ikut terganggu. Hal ini akan membuat oksigen yang seharusnya masuk ke otak menjadi tidak lancar.

4. Sakit gigi

Mungkin sebagian dari kalian sudah mengetahui kalau gigi itu memiliki saraf yang terhubung langsung dengan kepala atau otak, sebab di saat sipenderita mengalami sakit di gigi akan merangsang saraf dan langsung menuju ke kepala. Ini lah yang membuat kamu langsung sakit di area tersebut.

5. Pilek

Pilek atau biasa di sebut dengan infeksi saluran nafas atas juga dapat berefek pada kepala. Mengapa, lantaran pada saat terjadinya pilek tubuh akan mengalami peradangan yang menimbulkan reaksi semacam nyeri sendi, nyeri tenggorokan serta sakit di area kepala. Maka jika kamu mengalami gejala-gejala seperti itu harap segera di obati ke dokter bersangkutan.

6. Makanan dingin

Mengonsumsi makanan dingin yang terlalu cepat mampu membuat tubuh menghabiskan waktu yang lama buat memproses makanan menjadi seimbang. Akibatnya bisa mengganggu sirkulasi, metabolisme dan kerja saraf. Mungkin saat ini masih sebagian kecil yang kamu alami, akan tetapai apabila masalah seperti ini terus di ulang bisa memicu hal yang kurang baik bagi tubuh.

Baca Juga : Cara Alami Mengobati Vertigo