Gangguan tidur atau insomnia merupakan gangguan pada saat ingin melaksanakan tidur yang dapat menyebabkan sipenderita jadi sulit untuk tidur meskipun sebenarnya mempunyai cukup waktu untuk menerapkannya. Gangguan seperti ini bisa berakibat buruk bagi pasien karena akan berdampak pada kondisinya esok hari menjadi tidak bugar buat melakukan aktivitas.


Ini Penyebab Insomnia yang jarang di Ketahui
Ilustrasi insomnia sumber | pixabay.com


Tentunya hampir setiap orang pernah mengalami yang namanya gangguan tidur atau insomnia. Oleh karena itu mari di bawah ini Anda akan di beritahu apa saja yang bisa menyebabkan gangguan tidur.

Penyebab Insomnia


1. Penyakit kronis

Penyakit kronis yang di maksud bisa saja seperti alergi atau pun dermatitis pada penderita. Dan karena efek gatal yang di hasilkan dari efek dermatitis biasannya pada saat malam hari mereka akan sering menggaruk-garuk sehingga bisa mengganggu tidur kamu.  

Selanjutnya ada juga penyakit kronis lainnya semaca pada pasien cacingan, cacingan ini biasanya akan aktif di malam hari sehingga mampu menimbulkan rasa gatal yang membuat sulit tidur. 

Selain itu ada penderita diabetes, mengapa? Di sebabkan cenderungnya para penderita diabetes sering buang air di waktu malam hari dan akhirnya hal tersebut mengganggu tidur mereka.

2. Faktor obat-obatan

Ada beberapa obat-obatan yang bisa membuat kamu mengalami gangguan tidur contohnya seperti obat antihipertensi, antidepresan, obat kolesterol golongan statin dan juga obat-obatan lainnya. Oleh karenannya kamu perlu mengetahui efek samping dari obat-obatan yang kamu konsumsi.

3. Faktor lingkungan / gaya hidup

Seperti yang sudah kalian ketahui bahwa sebelum tidur pastinya Anda ingin berada dalam posisi yang sangat nyaman tentunya, dan apabila lingkungan kamar untuk tidur sedang dalam kondisi yang kotor berantakan dan bau pasti itu bisa membuat kamu menjadi tidak nyaman untuk tidur. Selain itu ada juga beberapa faktor yang di sebabkan oleh faktor gaya hidup salah satunya yakni kamu terlalu banyak mengonsumsi kafein kerena hal tersebut pun bisa membuat kamu mengalami gangguan tidur.

4. Bermain handphone

Kebanyakan orang sebelum tidur sering kali untuk bermain Hp terlebih dahulu guna misalkan membuka instagram, facebook, twitter dan lainnya. Hal ini tentunya dapat membuat sipemakai akan teru-terusan melakukan hal ini sampai mereka merasa bosan. Di sarankan bagi kamu sebaiknya bagi waktu sekitar 1 jam sebelum tidur usahakan sudah tidak bermain handphone lagi. 

Karena pada saat bermain handphone tentunya membuat Anda menjadi sibuk dengan Hp atau informasi yang sedang di lihat yang akhirnya memicu kamu menjadi terus-menerus mencari informasi yang menyebabkan Anda menjadi telat tidur.

5. Menonton

Pastinya sebelum tidur Anda sering kali melakukan aktivitas menonton tv atau pun menonton streaming lewat hanphone. Tentunya hal ini sangat berpengaruh terhadap kondisi tidur Anda, ini karena pada saat menonton akan mengganggu tidur kalian mungkin di sebabkan kerena alur ceritanya yang sangat menarik dan akhirnya membawa Anda menjadi terus-terusan menonton. Dan tentu saja hal tersebut bisa membuat kamu menjadi tidak bisa tidur.

6. Stress

Stress ini sangat berperan penting dalam kehidupan karena dapat mengganggu siklus tidur kita. Perlu di ketahui tidak penting seberapa besar stres yang kamu alami tetapi bagaiman kamu mengatur stres tersebut. Apabila tidak bisa di tangani dengan baik stres ini akan jadi terus kamu fikirkan sehingga membuat kamu menjadi sulit tidur.