Apa itu Kolesterol | Jenis, penyebab, dan Makanan bagi Penderita Kolesterol

Apa itu kolesterol? Sebenarnya, kolesterol itu merupakan bagian penting dari struktur sel. Kolesterol sendiri sangat diperlukan oleh saraf, hormon, bahkan hormon sex di buat oleh kolesterol. Bukan hanya itu saja, cairan empedu atau asam empedu Anda saat di produksi juga membutuhkan yang namanya kolesterol. Kolesterol di produksi oleh hati, yang selanjutnya di angkut masuk ke dalam aliran darah untuk mencapai tempat yang di butuhkan.

Apa Itu Kolesterol dan Ketahui Jenis, Makanan, dan Penyebab Kolesterol

Pada dasarnya kolesterol juga di butuhkan oleh tubuh anda, Karena merupakan zat lemak dan termasuk ke dalam komponen darah kita, terutama terdiri dari cairan. Maka, kolesterol harus berikatan dengan suatu zat protein yang di sebut dengan Lipoprotein untuk dapat di transpor dengan baik.

Ketahui Jenis, Penyebab, dan makanan bagi Penderita Kolesterol


2 Jenis Utama Lipoprotein

1. LDL

Jenis-Jenis Kolesterol LDL

Lipoprotein dengan kepadatan rendah atau biasa di sebut LDL (Low Density Lipoprotein), LDL ini sering di sebut dengan kolesterol "jahat". Kenapa, karena dapat berperan dalam penumpukan atau deposit lemak du pembuluh darah. 

Sedangkan pekerjaan LDL adalah membawa kolesterol dari organ hati ke sel yang memerlukan. Namun, jika jumlah lipoporotein ini sangat tinggi atau melebihi kebutuhan maka dapat mengendap dan menempel pada dinding arteri.

2. HDL

Jenis-Jenis Kolesterol HDL
Pada dasarnya tidak semua kolesterol itu jahat seperti halnya lipoprotein dengan kepadatan tinggi yaitu HDL (High Desity Lipoprotein). HDL adalah kebalikan dari LDL yang di sebut dengan kolesterol "baik". Lipoprotein ini bertugas mengangkut kolesterol kembali ke organ hati. Lalu di dalam hati, kolesterol akan di hancurkan atau di keluarkan tubuh melalui kotoran. Dan apabila semua berfungsi dengan baik maka anda dalam keadaan yang sehat.

Pengobatan china beranggapan bahwa pola makan serta emosi berperan penting dalam peningkatan kolesterol dalam darah Anda. Kondisi hormon dan gangguan metabolisme seperti menopause, dan diabetes, juga berkontribusi dalam meningkatnya kolesterol. 

Dengan Anda melakukan :
  • diaknosa yang tepat
  • mengonsumsi makanan yang baik
  • berolahraga yang teratur
  • kemudian dengan bantuan akupuntur

Akhirnya, pasien-pasien yang memiliki kadar kolesterol yang sangat tinggi akan berangsur angsur menurun dan kolesterol mereka pun menjadi normal kembali.

Kadar kolesterol dalam darah itu berfariasi pada setiap orang. Karena. ada beberapa orang yang memiliki resiko penyakit tertentu, mereka di wajibkan agar kadar kolesterol nya lebih rendah. Anda di sarankan untuk tidak membeli obat kolesterol sembarangan tanpa pengawasan dari dokter. Mengapa, ini karena obat-obatan tersebut memiliki efek samping yang tidak baik bagi tubuh. Sebaiknya Anda konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter.

Penyebab Kolesterol

Kolesterol di sebabkan oleh beberapa faktor yaitu :
  • Sering makan-makanan yang berlemak
  • Kurangnya olahraga
  • Terlalu banyak meminum alkohol
  • obesitas

Makanan yang Bisa di Konsumsi Pengidap Kolesterol


Memiliki kolesterol yang melebihi batas normal akan berpengaruh pada kesehatan. Apabila kamu mempunyai kadar kolesterol melebihi 240 Mg/DESILETER itu sudah melebihi batas normal dan mulai berpengaruh pada kesehatan. Ketika kamu memiliki kadar kolesterol yang tinggi, nantinya akan berdampak pada kesehatan jantung, atau bahkan bisa menyebabkan struk. Oleh karena itu, Anda harus rajin berolahraga dan juga mengonsumsi makanan-makanan tertentu. Seperti :

1. Ikan

Makanan Wajib untuk Pengidap Kolesterol

Ikan mengandung Omega 3 yang bisa membantu tubuh dalam mengencerkan darah dan mencegah penggumpalan darah. Selain itu, ikan yang bisa kamu konsumsi dan mengandung omega 3 yang tinggi yakni ikan salmon, sarden, ataupun ikan tuna. Kamu juga memperhatikan cara memasaknya, di usahakan jangan dengan cara menggoreng. lakukan dengan ala menumis atau dengan membakar untuk menghindari lemak berlebih.

2. Kacang Polong

Makanan Wajib untuk Pengidap Kolesterol
Kacang polong mengandung kadar serat yang tinggi, yang bisa di gunakan oleh darah untuk mengikat kolesterol dan di keluarkan dari dalam tubuh. Bukan hanya itu saja, ada juga penelitian yang menyatakan dengan mengonsumsi 120gr kacang polong/hari Anda dapat menurunkan kolestrol jahat di tubuh kamu sebanyak 5%.

3. Alpukat

Makanan Wajib untuk Pengidap Kolesterol
Buah alpukat memiliki banyak manfaatnya, buah ini mengandung Asam Oleat dan kandungan seratnya yang banyak menyebabkan buah alpokat dapat menurunkan kadar kolesterol  berlebih dalam tubuh kita. Alpukat juga bermanfaat dalam meningkatkan kadar kolesterol baik di tubuh. Nah, buah alpokat sudah terbukti secara klinis, apabila Anda mengonsumsi buah ini minimal 1/hari mampu menurunkan kolesterol jahat pada tubuh.

4. Kacang Kedelai

Makanan Wajib untuk Pengidap Kolesterol

Kacang kedelai ini memiliki kandungan yang rendah lemak, mengandung serat yang banyak, sehingga dapat di gunakan sebagai salah satu makanan penurun kadar kolesterol. Bila Anda mengonsumsi kacang ini sekitar 25gr/hari, itu di percaya bisa menurunkan kolesterol di tubuh sebanyak 6%. Selain menurunkan kadar kolesterol, dengan kandungan nutrisi yang banyak pada kacang kedelai, ini menyebabkan kacang tersebut bisa di gunakan sebagai pengganti daging maupun susu.

Baca Juga :  

Dari pada Anda melakukan diet yang tidak jelas, akan lebiah baik apabila Anda mencoba makanan diatas. Karena masih tetap sehat dan bernutrisi tanpa harus diet yang menyiksa. Harus selalu di ingat apabila ingin menurunkan kolestrerol, jangan sampai melakukan diet ekstrim lantaran itu akan merusak tubuh kamu yang akhirnya kamu kekurangan nutrisi.