Ketahui 6 Buah-Buahan Penurun Kadar Kolesterol Jahat

Buah-Buahan Penurun Kolesterol Jahat

Kolesterol di dalam darah Anda bisa meningkat akibat mengonsumsi makanan tertentu. Sebaliknya makanan-makanan tertentu juga, dapat berperan untuk menurunkan kadar kolesterol. Salah satunya adalah buah-buahan, buah umumnya kaya akan serat yang dapat mengikat kolesterol di dalam saluran pencernaan dan mengeluarkannya dari tubuh sebelum di serap masuk ke aliran darah. Sebagian lagi mengandung antioksidan yang dapat menghambat pemebentukan kolesterol "jahat".

Ketahui Buah-Buahan Penurun Kadar Kolesterol Jahat


1. Jeruk bali/Pomelo

Buah Penurun Kolesterol

Sebuah studi menemukan fakta bahwasannya terdapat penurunan terhadap tekanan darah, kolesterol total, dan kolesterol jahat (LDL) yang signifikan pada orang-orang yang mengonsumsi jeruk bali 3x/hari selama 6 minggu. Ini di karenakan jeruk bali kaya akan serat larut pektin yang di ketahui dapat mengahambat penyerapan kolesterol. Jeruk jenis ini di dalamnya mengandung Flavonoid Naringenin, bermanfaat untuk menurunkan kadar trigliserida dan menghindari menumpuknya plak kolesterol.. Mengenai kandungan serat/100gr jeruk bali kurang lebih 1.6gr serat.

2. Anggur

Buah Penurun Kolesterol

Manfaat buah Anggur dalam menurunkan kadar kolesterol jahat berasal dari Anthocyanin dan polifenol Resveratrol yang ada pada bagian kulitnya. Resveratrol dapat meningkatkan pengubahan kolesterol menjadi asam empedu di dalam hati sehingga pembentukan LDL berkurang. Lalu fungsi Anthocyanin adalah merendahkan kadar trigliserida di hati, yang nantinya bisa menurunkan produksi lipoprotein yang membentuk LDL. Kandunga serat/100gr anggur = 0.9gr.

3. Buah Apel

Buah Penurun Kolesterol

Apel kaya akan serat larut pektin yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat. Apel juga mengandung polifenol yang bersifat antioksidan sehingga bisa menghambat oksidasi LDL. Oksidasi  ini lah yang membuat plak kolesterol menumpuk di dalam pembuluh darah dan memicu penyumbatan. Sedangkan kandungan serat/100gr apel adalah = 2.4gr.

4. Buah Berry

Buah Penurun Kolseterol

buah berry merupakan sumber Polifenol, Antosianin, dan serat yang sangat baik untuk menurunkan kadar kolesterol jahat. Sebuah studi pada tahun 2009 yang di muat dalam Nutrition Journal menemukan bahwa kadar kolestero LDL pada wanita yang mengonsumsi bubuk kering stroberi di dalam minuman, akan turun secara signifikan dengan kurun waktu 4 minggu. Dari berbagai studi, juga di dapatkan bahwa Blackberry memiliki efek penurunan kadar kolesterol LDL yang terbesar.

Kandunga serat/100gr pada Barry :
  • raspberry = 7gr
  • blackberry = 5gr
  • blueberry = 2.4gr
  • Strawberry = 2gr
  • dan cherry = 1.6gr

5. Buah Pir

Buah Penurun Kolesterol

Seperti apel, buah yang memiliki tekstur crunchy dan manis ini kaya akan serat pektin yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat. Pektin mulai mangait kolesterol pada usus yang nantinya akan di keluarkan selagi tubuh Anda belum mengambilnya. sebuah penelitian yang di publikasikan oleh american heart association menemukan bahwa, mengonsumsi 1 pir sehari dapat mencegah struk hingga 52%. Sebaiknya Anda mengonsumsi buah pir secara utuh tanpa di kupas. karena, kandungan serat yang paling banyak terdapat pada bagian kulitnya. Dan kandungan serat/100gr buah pir = 3.1gr.

6. Buah Alpukat

Buah Penurun Kolesterol

Alpukat adalah satu-satunya buah yang kaya akan lemak sehat. Buah ini juga mengandung asam lemak tak jenuh tunggal yang dapat meningkatkan kolesterol baik dan menurunkan kadar kolesterol jahat. Alpukat mengandung Beta-Sitosterol yang bisa menurunkan penyerapan kolesterol dari makanan. Adapun kandungan serat/100gr alpukat adalah sekitar 7gr.

Baca Juga : 

Oleh karena itu, apabila kadar kolesterol Anda sedang tinggi konsumsilah 6 buah-buahan di atas. Buah-buahan tersebut kaya akan gizi, vitamin, dan mineral yang akan memberikan segudang manfaat bagi kesehatan. Di antarannya adalah menjaga tekanan darah, memperbaiki kesehatan usus, dan meningkatkan kekebalan tubuh Kamu.