Kenapa Telinga Sering Berdengung? Berikut 4 Penyebab dan Cara Mengobatinya

Setiap orang atau mungkin kalian pasti pernah mengalami rasa berdengung pada kuping. Dalam medis hal ini biasa disebut dengan tinitus. Keadaan seperti ini, bisa mengganggu aktivitas sehari-hari pada beberapa orang. Maka dari itu, ada baiknya apabila Ada mengetahui apa yang menyebabkan kenapa telinga sering berdengung, sehingga Anda bisa melakukan langakan pencegahan.

Kenapa Telinga Sering Berdengung? Berikut 4 Penyebab dan Cara Mengobatinya

Bunyi atau volume dengungan yang di hasilkan akan berbeda-beda. hal tersebut bisa terjadi secara singkat maupun dengan terus-terusan, hal ini tergantung apa yang menyebabkannya.

Penyebab Telinga Sering Berdengung Terus

Telinga yang berdengung adalah suatu gejala yang dapat terjadi pada seseorang, dan bisa saja di akibatkan oleh semacam infeksi, telinga yang sedang tersumbat, terjadi gangguan pada sistem peredaran darah, atau telinga mengalami cedera. Oleh sebab itu di bawah ini saya akan menjelaskan faktor-faktor apa saja yang mampu membuat telinga Anda berdengung, Yaitu :

1. Terjadi Penyumbatan Akibat Kotoran

Telinga yang tersumbat dan di sebabkan oleh kotoran ini mampu menyebabkan gendang telinga mengalami iritasi, dan kemungkinan dapat mengalami dengungan. Oleh karenanya, Anda disarankan agar rutin dalam membersihkan telinga atau saluran telinga tersebut.

2. Telinga Mengalami Infeksi

Otitis media atau infeksi pada telinga bagian tengah juga bisa menjadai salah satu penyebab dari telinga yang berdengung. Umumnya jika infeksi yang terjadi telah sembuh, maka masalah telinga berdengung-pun akan ikut menghilang.

Supaya proses penyembuhan infeksi dapat berjalan dengan baik, Anda disarankan agar mendapatkan penangan yang tepat, yaitu dari dokter.

3. Terlalu Lama Terpapar Suara yang Keras

Beberapa masalah kuping berdengung memang ada kaitan dengan masalah pendengaran akibat suara yang terlalu kencang. Apabila terjadi secara terus-menerus paparan dari suara keras ini mampu merusak organ telinga bagian dalam seseorang.

Kasus-kasus seperti ini biasanya sering di jumpai pada orang-orang yang menggeluti pekerjaan sebagai pilot, musisi, sampai pada pekerja kulit bangunan. Meskipun suara yang keras hanya terjadi sekali saja, ternyata kuping juga dapat bedengung. Misalanya saja suara ledakan bom.

4. Menderita Penyakit Tertentu

Mungkin kamu tidak menyadari bahwa sebenarnya ada beberapa penyakit lain yang bisa menyebabka telinga Anda sampai berdengung.

Diantaranya yakni, terjadi cedera pada kepala ataupun leher, sakit jantung, tumor jinak pada saraf pendengaran, leher atau rahang mengalami gangguan, penyakit tekanan darah tinggi, hingga gangguan tulang pendengaran.

5. Pendengaran yang Mulai Berkurang Lantaran Usia Lanjut

Dengan semakin bertambahnya usia, kepekaan dari saraf pendengaran akan semakin berkurang. Kondisi ini biasanya dikenal dengan sebutan presbikusisi, masalah tersebut umumnya akan terjadi pada orang yang usianya telah mulai menginjak 60 tahun.

Gejala-gejala yang umumnya akan ditimbulkan adalah fungsi pendengaran yang berkurang disertai dengan kuping yang terasa berdengung.

Cara Mencegah Kuping Berdengung

Untuk mencegah kuping berdengung kamu tidak perlu repot-repot, Anda hanya cukup menerapkan beberapa cara sederhana berikut ini :
  1. Saat menggunakan earphone ataupun headset, cobalah untuk memberikan waktu istirahat kepada telinga paling tidak 1 jam di tiap penggunaanya. Kamu di sarankan untuk tidak menggunakan earphone dengan volume yang tinggi dalam waktu lama. Usahakan agar memberi volume pada earphone di bawah 60 persen.

  2. Mengenakan pelindung telinga atau lubang telinga, saat Anda sedang melakukan aktivitas di tempat yang memiliki suara cukup keras.

  3. Rutinlah dalam melakukan kegiatan olahraga serta mengatur pola makan Anda. Hal ini berguna supaya tetap menjaga kesehatan pembuluh darah dari gangguan yang bisa saja menyebabkan kuping berdengung.
Terkadang penyakit kuping berdengung dapat hilang denga sendirinya, namun apabila penyakit ini telah berlangsung lama, namun Anda merasakan hal yang tidak nyaman periksakan-lah diri ke dokter THT agar mendapatkan penanganan yang tepat.

BACA JUGA :