15 Jenis Pantangan Makanan Bagi Penderita Penyakit Ginjal

Jenis makanan yang Dilarang Bagi Penderita Penyakit Ginjal
Ilustrasi pantangan makanan penderita penyakit ginjal sumber | pixabay.com

Penderita Penyakit ginjal harus mengataru asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh mereka, lantaran banyak sekali makanan yang disarankan untuk dihindari oleh penderita penyakit ginjal. Mulai dari aneka karbohidrat hingga berbagai macam protein, meski makanan-makanan ini terdengar biasa dan bahkan memiliki kandugan nutrisi yang melimpah pasien penyakit ginjal tidak boleh mengonsumsi makanan tersebut lantaran alasan-alasan tertentu.

Penderita penyakit ginjal biasanya dilarang mengonsumsi makanan yang mengandung kalium dan protein yang tinggi. Selain itu, karbohidrat dan mineralnya dibatasi. Lalu makanan apa saja yang harus dihindari? Mari baca penjelasan  dibawah ini.

Pantangan Makanan Penyakit Ginjal

1. Nasi
Nasi merupakan sumber karbohidrat utama bagi sebagian orang, misalnya tidak memakan nasi dalam sehari merekan akan terasa seperti tidak makan-makanan berat. Namun, bagi penderita penyakit ginjal, nasi akan lebih baik dihindari lantaran bukan asal karbohidrat yang cocok. Nasi mengandung gula dan bisa menimbulkan rasa haus saat mengonsumsinya.

2. Kentang
Sama dengan nasi, kentang adalah sumber karbohidrat yang juga harus dihindari karena mengandung protein dan kalori yang tinggi. Kentang dapat menimbulkan rasa haus yang akhirnya memicu rasa ingin minum banyak air agar makanan dapat dicerna dengan baik. Sayangnya mineral yang boleh dikonsumsi penderita penyakit ginjal memang sangat dibatasi.

3. Gandum
Gandum dalam bentuk roti maupun sereal juga patut dihindari, ini disebabkan gandum bukanlah karbohidrat yang cocok bagi penderita penyakit ginjal, karena tidak dapat dengan mudah dicerna oleh tubuh. Meski gandum termasuk bahan makanan yang sangat sehat tapi pasien penyakit ginjal dilarang mengonsumsi makanan olahan tersebut.

4. Umbi-Umbian
Umbi-umbian semacam singkong dan ubi ternyata juga dilarang buat dikonsumsi. Selain mengandung gula, bahan makanan ini juga mengandung protein. Selain itu umbi-umbian jua bisa menimbulkan rasa haus yang lumayan.

5. Telur
Telur mengandung protein yang tidak baik bagi penderita ginjal, ini lantaran ginjal akan sulit buat menyaring protein tersebut. Pada penderita penyakit ini, ginjal mereka akan berfungsi tidak maksimal, maka makanan berprotein yang tidak bisa disaring oleh ginjal akan menumpuk dan menjadi racun bagi ginjal itu sendiri.

6. Daging
Ada berbagai jenis daging seperti sapi atau ayam, daging-daging ini juga terdapat protein hewani tinggi yang tentunya akan sulit bagi ginjal untuk menyaringnya. Apabila Anda ingin mengonsumsi daging, Anda disarankan makan daging ikan saja yang memiliki kandungan omega 3.

7. Keju
Olahan susu, yang salah satunya adalah keju ini tidak boleh untuk dikonsumsi bagi pasien penyakit ginjal. Hal ini disebabkan keju mengandung kalium dan juga fosfor. Bagi pasien yang mempunyai masalah ginjal memang harus menghindari kalium, sedangkan apabila kamu mengonsumsi makanan yang memiliki banyak fosfor, zat ini akan menumpuk pada aliran darah dan menyedot kalsium di raga kamu.

8. Coklat
Sama seperti halnya keju, coklat juga mengandung fosfor dan juga potasium yang tinggi. Kandungan potasium dalam makanan yang kalau dikonsumsi oleh penderita akan menyebabkan gagal jantung lantaran tidak dapat dikeluarkan oleh ginjal. Kandungan potasium bisa melemahkan denyut jantung, membuat detak jantung tidak setabil hingga kematian mendadak akibat serangan jantung.

9. Buah-Buahan
Buah-buahan adalah makanan yang sering disajikan bagi merekan yang sedang menderita sakit, tetapi tidak untuk penderita penyakit ginjal. Kandungan mineral yang banyak didalam buah akan tidak bagus untuk dikonsumsi penderita ginjal. Sebagian besar buah-buahan ternyata juga mengandung potasium diantaranya yaitu semangka, jeruk, alpukat, pepaya serta pisang, terlebih lagi lantaran pisang mengandung banyak kalium.


10. Sayuran
Sama dengan buah-buahan, sayuran mengandung banyak minereal dan nutrisi yang jua tidak boleh untuk dikonsumsi secara berlebih. Jika mineral yang masuk ke dalam tubuh terlalu banyak akan tidak mudah buat dicerna oleh ginjal yang sudah rusak dan akan menumpuk diparu-paru sehingga bisa menyababkan kematian.

11. Gorengan
Makanan yang memroduksinya dengan cara digoreng juga tidak baik bagi pasien penyakit ginjal. Kandungan minyak yang berlebih mampu memicu terjadinya keracunan asam dalam tubuh lantaran ginjal akan menolak untuk mencernanya. Lebih baik kamu mengonsumsi makanan yang diproses dengan cara mengkukus dan merebus saja, tapi tetap perhatikan kadar mineral yang terdapat dalam makanan tersebut.

12. Kacang-Kacangan
Ternyata para pasien penyakit ginjal juga dilarang buat mengonsumsi makan-makanan ini, lantaran kacang-kacangan mengandung fosfor yang tinggi dan bisa menimbulkan rasa haus.

13. Makanan yang di Aawetkan
Tidak sedikt dari Anda yang pasti menggemari makanan yang diawatkan khususnya bagi pasien penyakit ginjal, pengawet dalam makanan seperti pada sosis, sarden kornet dan lain sebagainya banyak mengadung sodium juga potasium. Pengawet tersebut dapat menjadi racun yang ampuh untuk memperparah kondisi ginjal yang sudah tidak sehat.

14. Garam
Makanan yang mengandung banyak garam akan memperbanyak produksi air didalam tubuh, selain lantaran tidak mampu dicerna oleh ginjal makanan yang asin akan memicu tekanan darah tinggi dimana bisa mempengaruhi ginjal. Para penderita penyakit ini wajib mengatur tekanan darah agar selalu dalam keadaan normal.

15. Gula
Begitupu dengan makanan yang mengandung gula, mengonsumsi makanan yang manis bisa menimbulkan rasa haus sehingga tentunya perlu dihindari.

Makanan yang harus dihindari oleh penderita penyakit ginjal memang sangatlah banyak dan setiap penderita memiliki pantangan yang berbeda-beda sehingga harus terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter. Semacam asupan kalori hingga mineral, tidak sedikit penderita penyakit ginjal yang tidak nafsu makan karena menu yang dibatasi.

Baca Juga : Penyakit Ginjal: Ciri-Ciri, Gejala, Mengobati

Maka dari itu Anda harus paham mengapa makanan tersebut dilarang untuk dikonsumsi ataupun dikonsumsi agar nafsu makan tetap berjalan dengan baik.