Cari Tahu Manfaat Lidah Buaya Bagi Wajah dan Berbagai Jenis Kulit
Manfaat lidah buaya bagi wajah (sumber : pixabay.com)
Seperti yang telah kita ketahui bahwasannya manfaat lidah buaya bagi wajah memang sudah dipercaya sejak dulu sebagai obat herbal alami, untuk mengatasi berbagai macam keluhan yang terjadi pada berbagai jenis kulit maupun rambut. Perlu kamu ketahui bahwasannya tanaman lidah buaya ini memiliki berbagai macam kandungan seperti halnya nutrisi.

Tanaman yang sudah banyak di kembang biakkan di daerah asia, eropa, dan amerika selatan ini, awalnya merupakan tumbuhan yang berasal dari wilayah mediterania. Lantaran memiliki beragam khasiat yang baik bagi kesehatan rambut dan kulit inilah, lidah buaya digunakan oleh berbagai perusahaan kesehatan dan kecantikan sebagai bahan dari berbagai macam produk mereka. Lalu apa saja manfaat lidah buaya untuk kesehatan kulit wajah kamu? Berikut ini adalah penjelasannya.

Apa Manfaat Lidah Buaya Untuk Wajah?


1. Melembabkan kulit secara alami

Mau apapun jenis kulit Anda, menjaga kelembaban kulit akan menjadi suatu hal yang penting agar kulit kamu terlindungi dan menjaga kesehatan kulit. Kandungan zat polisakarida dan sterol yang terdapat dalam lidah buaya, berguna untuk membantu dan menjaga kelembaban kulit kamu.

Baca juga : Cara Menyembuhkan Penyakit Kulit | Gejala Serta Penyebabnya

2. Membantu menghaluskan kulit wajah

Apabila kamu resah memiliki kulit yang dengan permukaan yang terbilang kasar, kamu dapat mengandalkan lidah buaya sebagai alternatifnya. Kenapa? Hal ini lantaran lidah buaya berguna untuk mengangkal sel-sel kulit mati yang terdapat di kulit wajah kamu, yang nantinya akan di gantikan dengan sel-sel kulit yang baru.

3. Meredakan gatal dan radang di wajah

Selain memiliki kandungan-kandungan yang sudah di jelaskan diatas, ternyata lidah buaya juga memiliki suatu kandungan zat yang bermanfaat sebagai Antimikroba dan Anti peradangan. Hal tersebut berguna untuk mengatasi suatu masalah yang terjadi pada kulit kamu seperti iritasi, jerawat, dermatitis, maupun psoriasis.

Baca Juga : Penyebab Gatal Selangkangan: Gejala dan Cara Mengatasinya

4. Mempercepat penyembuhan luka

Kalsium dan Antioksidan yang terdapat didalam lidah buaya, berguna untuk mempercepat penyembuhan luka di kulit, pembelahan sel-sel keratinosit menjadi cepat, sekaligus akan memerkuat jaringan yang ada di kulit Anda.

Baca Juga : 5 Langkah Alami Menghilangkan Bekas Luka Pada Area Kaki

Kegunaan Lidah Buaya Untuk Beragam Jenis Kulit Wajah


Pastinya kamu sudah mengetahui bahwasnnya kulit manusia itu memiliki berbagai macam jenis seperti kulit normal, kering, berminyak, dan lainnya. Karena perbedaan jenis kulit ini, cara perawatan yang harus dilakukan pun juga berbeda pula.

Maka dari itu, di bawah ini ada beberapa cara merawat kulit wajah menurut jenisnya, dengan menggunakan lidah buaya :

1. Kulit berminyak

Lidah buaya yang masih segar maupun produk kecantikan atau kesehatan yang memiliki kandungan lidah buaya, dapat kamu gunakan sebagai bahan pencegah timbulnya jerawat atau mencegah terjadinya jerawat yang mulai meradang. Untuk cara penggunaanya lidah buaya yang masih segar cukup mudah, yaitu :

  • Ambil lidah buaya yang masih segar secukupnya.
  • Bersihkan lidah buaya.
  • Potong lidah buaya pada bagian tengah dan ambil gelnya.
  • Oleskan gel lidah buaya tersebut pada wajah secara merata.
  • Diamkan selama 10-15 menit.
  • Bilas menggunakan air bersih.

Perlu kamu ingat, apabila kamu ingin menggunakan suatu produk yang mengandung lidah buaya, pastikan kalau produk tersebut sudah terhindar dari bahan pelembab lain yang memiliki kandungan lanolin ataupun minyak mineral, hal ini berguna untuk menjaga kulit kamu agar tidak terasa semaki berminyak.

2. Kulit kering

Bila kamu memiliki jenis kulit yang kering, biasanya akan sangat rawan untuk mengalami iritasi, gatal, jerawat, hingga perih pada bagian wajah. Oleh sebab itu, seseorang yang memiliki tipe kulit yang kering di wajibkan agar menggunakan pelembab sebagai salah satu dari berbagai rangkaian perawatan kulit wajah.

Buat perawatannya, kamu bisa menggunakan produk gel lidah buaya maupun pelembab yang ekstrak lidah buaya setelah kamu selesai melakukan rutinitas mencuci wajah. Berhati-hatilah dalam menggunakan produk lidah buaya ini, jangan sampai terkena area yang sensitif seperti halnya mata, mulut, dan hidung.

3. Kulit normal

Selanjutnya adalah kulit yang normal, seseorang yang memiliki jenis kulit yang normal memang jarang sekali akan mengalami suatu masalah. Namun, hal ini jangan sampai membuat kamu sampai tidak merawatnya, usahakan untuk membersihkan wajah secara rutin untuk mencegah kekusaman, penuaan dini, dan jerawat.

Anda jua bisa menggunakan gel lidah buaya untuk melembkan kulit. Selain itu, masker atau serum wajah yang di dalamnya terkandung lidah buaya dapat kamu gunakan sebagai perawat kulit normal wajah kamu, kegiatan ini kamu lakukan agar kulit bisa terhindari dari berbagai macam masalah pada kulit.

4. Kulit sensitif

Buat kamu, pilihlah suatu produk lidah buaya yang tidak memiliki pafum maupun alkohol. Lantaran hal tersebut dapat menyebabkan kulit sensitif kamu menjadi iritasi. Apabila Anda mengalami perih atau rasa panas pada kulit yang diakibatkan paparan sinar matahari, kamu dapat memanfaatkan tabir surya yang mengandung ekstrak lidah buaya buat mengatasinya.

Selain itu lidah buaya atau aloe vera ini, ternyata dapat membantu mempercepat penyembuhan luka lecet, luka bakar, serta bentol-bentol yang timbul di wajah. Untuk cara mengaplikasikannya, kamu hanya cukup membersihkan wajah dengan menggunakan sabun wajah khusus berbahan lembut dan bersihkan menggunakan air yang bersih.

Setelah itu, olehkan gel lidah buaya pada area wajah yang bermasalah. Diamkan gel lidah buaya yang telah kamu oleskan selama beberapa menit, kemudia bilas dengan air bersih. Kegiatan ini dapat kamu ulang sebanyak dua kali dalam sehar, dan disarankan agar memilih produk lidah buaya yang murni.

Tetapi kamu juga harus berhati-hati, hali ini dikarenakan tidak semua orang akan cocok menggunakan produk lidah buaya ini. Jika setelah menggunakannya kulit kamu mengalami gatal, ruam kemerahan, seta perih. Kemungkinan saja kulit Anda mengalami alergi atau iritasi, kalau kamu menyadarinya segeralah bilas dan berhenti menggunakan lidah buaya ini. 

Dan apabila memang diperlukan, kamu dapat memeriksakan diri kedokter kulit supaya mendapatkan penanganan yang tepat dan bisa saja kalian akan diberikan saran bagaimana penggunaan aloe vera yang baik.