Ini Cara Membersihkan Komedo Dengan Bahan Alami
Ilustrasi komedo sumber | pixabay.com

Apakah Anda tahu komedo itu muncul dari mana? Sebenarnya komedo itu hanya kulit mati dan minyak yang menumpuk didalam pori-pori kulit wajah. Sehingga bisa menimbulkan benjolan yang disebut dengan komedo. Komedo juga terbagi dalam 2 jenis yakni komedo putih dan hitam, apabila dibiarkan komedo bisa menumpuk yang tentunya merusak penampilan Anda.

Memang benar ada berbagai macam cara untuk menghilangkan komedo, baik secara alami maupun dengan melalui perawatan ditempat kecantikan. Namun apabial ada yang secara alami kenapa tidak, buat kamu yang ingin tahu cara menghilangkan komedo dengan mudah dan cukup dirumah saja, dibawah ini kamu akan diberitahu bagaimana cara mengatasi komedo tersebut.

Bahan-Bahan rumah Untuk Membersihkan Komedo

1. Baking soda

Baking soda ini memang biasa digunakan sebagai bahan masakan, kamu bisa mengambil 1 sendok kecil baking soda dan dicampur dengan air hingga membentuk larutan seperti pasta. Setelah itu kamu bisa mengoleskannya pada hidung, dahi, pelipis, dagu ataupun area wajah lain yang terdapat komedo. setelah itu diamkan selama beberapa menit lalu dibilas dengan air bersih.

Mengoleskan baking soda yang suda dicampur dengan air, bisa memberikan efek pengelupasan kulit alami terhadap permukaan kulit yang terdapat minyak, kotoran ataupun sel-sel kulit mati. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal kamu bisa melakukan hal ini 3x dalam seminggu.

2. Stroberi

Buah stroberi tidak hanya enak untuk dikonsumsi, tapi sudah terbukti memiliki manfaat yang baik buat kulit seperti mencegah jerawat dan membersihkan komedo. Cara mengaplikasikannya terbilang cukup mudah, kamu hanya perlu mempersiapkan :
  1. 3 buah stroberi
  2. Hancurkan hingga lumat
  3. Campurkan dengan 1 sendok madu
  4. Lalu oleskan secara merata keseluruh bagian wajah
  5. Sambil memicatnya secara halus dengan alur yang melingkar
  6. Diamkan selama 15 menit
  7. Dan bersihkan menggunakan air bersih
Demi hasil yang maksimal kamu bisa melakukan hal ini setiap minggu.

3. Uap air panas

Apabila Anda susah atau malas dalam menerapkan bahan-bahan diatas, masih ada 1 bahan lagi yang dijamin mudah yaitu kamu bisa menggunakan uap air panas. Anda bisa mepraktekkannya dengan mengikut langkah-langkah dibawah ini :
  1. Siapkan 1 buah baskom
  2. Didihkan air secukupnya kurang lebih 1 liter
  3. Kemudian tuangkan air tersebut ke dalam baskom
  4. Posisikan wajah diatas wadah agar waja langsung mengenai uap panas
  5. Bisa juga menggunakan 1 buah kain untuk menutupi kepala kamu agar uap panas tidak keluar
  6. Tahan posisi ini kurang lebih selama 5-10 menit
  7. Ketika sudah lalu bersihkan wajah kamu
Apa sih kegunaanya? Hal ini dapat meminimalisir penyumbatan pori-pori dari kotoran, minyak dan sel-sel kulit mati sebagai penyebab komedo itu sendiri.

Menghilangkan komedo secara alami juga perlu didukung dengan diet yang sehat, mulai sekarang cobalah mengurangi konsumsi minyak dan makanan yang digoreng, dan perbanyak makan buah dan sayur tentunya. Selain itu juga jangan lupa untuk rutin mengonsumsi air putih.