Tanda dan Gejala diabetes melitus yang Tidak Kamu Sadari

Cari Tahu Tanda dan Gejala Diabetes Melitus Yang Mungkin Tidak Disadari Penderitanya
Ilustrasi tanda dan gejala diabetes melitus sumber | pixabay.com
Sebelum kamu mengetahui apa tanda dan gejala diabetes melitus, kamu harus tahu apa itu dibetes melitus? Diabetes melitus merupakan penyakit autoimun yang bisa dibilang kronis yang terjadi akibat adanya gangguan pada gula darah. hal tersebut lah yang membuat penyakit diabetes ini sering disebut beberapa orang sebagai penyakit gula.

Selain itu, apabila penyakit ini tidak mendapatka penanganan yang tepat, kemungkinan bisa menimbulkan komplikasi yang berbahaya buat sipenderita. dan yang paling menakutkan dapat mengancam nyawanya, makan dari itu agar kamu dapat mencegahnya sejak dini, ketahuilah tanda dan gejala apa saja yang akan timbul ketika seseorang terjangkit diabetes melitus.

Jenis Diabetes Melitus


Apabila diambil dari beberapa hal yang memicu diabetes melitus ini bisa di bagi menjadi beberapa jenis, seperti :

Diabetes tipe 1

Dalam diabertes tipe satu ini akan terjadi gangguan autoimun yang menyebabkan sistem ketahanan tubuh seseorang menyerang sel-sel yang memproduksi insulin. Yang akhirnya pada akhirnya membuat pankreas tidak dapat memproduksi hormon ini. Ini akan membuat insulit yang ada di tubuh menjadi kurang dan kadar glukosa malah meningkat.

Buat kamu yang berusia kurang dari 40 tahun diharapkan untuk berhati-hati lantaran penyakit ini sering menyerang orang yang terbilang masih muda terutama remaja. Untuk remaja dan anak-anak, gejala penyakit ini akan lebih cepat buat dideteksi.

Diabetes tipe 2

Selanjutnya adalah dibetes tipe 2, diabetes jenis ini merupakan jenis yang paling sering terjadi di indonesia maupun dunia. Masalah seperti ini biasanya disebut dengan adult-onset  diabetes lantaran sering menjangkit orang dewasa. Kejadianya diperkirakan mencapat 90-95% di dunia dari seluru kasus kencing manis.

Berbeda dengan diabetes tipe 1, diabetes tipe 2 ini memroduksi insulin akan tetapi tidak mencukupi. Untuk penyebabnya sendiri belum dapat dipastikan, namun para ahli berpendapat yang berperang penting dapat memicu penyakit gula tersebut adalah faktor genetik dan lingkungan. 

Tanda dan Gejala Diabetes Melitus


 Penyakit ini biasanya tidak menunjukkan gejala yang berarti, sehingga banyak orang yang tidak menyadari bahwa mereka sudah menderita diabetes. Namu, berikut ini ada beberapa gejal penyakit dabetes melitus yang perlu untuk kamu ketahui :

  • Terlalu sering merasa haus.
  • Sering buang air kecil.
  • Akan terasa seperti tidak memiliki tenaga atau lemas dan lesuh.
  • Kerap kali mengalami inveksi seperti pada bagian vagina, kulit, saluran kemih, serta sariawan.

Selain itu akan timbul juga beberapa gejala yang kemungkinan paling sering dialami diantaranya adalah :

  • Mual.
  • Muntah.
  • Apabial masalah ini terjadi pada wanita, ia akan mengalami infeksi pada vagina.
  • Luka yang sulit buat diobati.
  • Mulut menjadi kering.
  • Pada bagian kulit lipatan paha dan area vagina akan mengalami gatal.

Baca juga :