Kenapa Dada Sebelah Kiri Sakit? Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasi

Kenapa Dada Sebelah Kiri Sakit: Cari Tahu Penyebab dan Cara Mengatasinya
Dada sebelah kiri sakit sumber | pixabay.com
Nyeri dada merupakan masalah yang terjadi saat dada seseorang seperti terasa tertusuk, tertekan maupun perih diarea dada. Nyeri seperti ini biasannya akan terjadi pada bagian dada sebelah kiri, kanan ataupun tengah. Masalah semacam ini tidak boleh disepelekan, lantaran bisa saja ada kaitannya dengan penyakit jantung.

Biasanya orang yang mengalami nyeri di dada akan berlangsung sebentar atau bisa saja terjadi selam berhari-hari karena tergantung apa yang menyebabkan nyeri tersebut terjadi. Apabila nyeri yang dirasakan menjalar sampai ke lengan sebelah kiri, rahang dan juga sampai ke punggung. Kamu harus segera memeriksannya ke doter untuk mendapatkan penanganan yang tepat, lantaran gejala seperti ini adalah penjalaran yang khas terjadi karena diakibatkan penyakit jantung.

Maka dari itu, penting bagi kamu buat mengetahui apa yang menyebabkan dada sebelah kiri sakit dan mencari tahu penyebab serta cara mengetasi sakit dada sebelah kiri dan gejala-gejala apa yang turut menyertainya. Hal ini perlu Anda ketahui terlebih dahulu lantaran berguna agar kamu bisa memperoleh penanganan yang tepat. Lalu apa saja penyebab dan cara mengatasinya? Bacalah beberapa penjelasan di bawah ini dengan benar.

Kenapa Dada Sebelah Kiri Sakit? Penyebab dan Cara Mengatasinya


Penyebab Nyeri Dada Sebelah Kiri

Berikut ini adalah beberapa penyebab dan gejala yang akan menimbulkan gangguan pada dada sebelah kiri, Diantarannya yakni :

1. Masalah Pada Paru-Paru

Infeksi di paru-paru dapat menyebabka paru meradang atau pneumonia dan di selaput area paru-paru (Pleuritis). Oleh karena itu, kejadian ini akan menimbulkan sakit pada daerah dada sebelah kiri. Selain itu juga sakit yang dialami akan semakin terasa ketika Anda bernapas yang diiringi dengan batuk serta sesak napas.

2. Serangan Jantung

Penyakit serangan jantung akan terjadi apabila aliran darah yang seharusnya mengalir ke jantung menjadi tiba-tiba terhambat. Kalau sakit dada yang kamu alami itu disebabkan oleh penyakit jantung, maka dada Anda akan terasa seperti tertekan, diremas, serta akan timbul perasaan yang berat di dalam rongga dada kamu.

Baca Juga : 6 Gejala Penyakit Jantung yang Perlu Anda Ketahui

Selain itu juga, kemungkinan akan muncul rasa sakit semacam di tusuk-tusuk atau mati rasa di lengan bagian kiri, yang bisa merambat ke lengan sebelah kanan. Ketika serangan jantung timbul, ini mampu memicu beberapa gejala semacam sesak napas, rasa lelah yang tidak biasa, sakit dikepala serta muncul keringat dingin. Gejala-gejala seperti ini bisa saja timbul berbeda-beda pada setiap orang.

3. Angina

Apa itu angina? Angina adalah suatu kondisi yang mampu terjadi saat makin menyempitnya arteri yang menuju ke jantung sehingga dapat menyebabkan aliran darah kamu menjadi tidak mengalir secara normal. Jika hal tersebut terjadi pada seseorang, maka bisa saja memicu timbulnya beberapa gejala seperti terasa kram pada otot dada bagian kiri, mungkin juga kamu akan merasa sangat lelah serta sesak napas.

4. Stress

Perlu kamu ketahui bahwasannya stress pun bisa menyebabkan sakit di dada bagian kiri Anda, stress yang terus-terusan tidak terkendali mampu memicu rasa sesak. Selain itu, kondisi ini akan diperparah dengan pola gaya hidup yang buruk, misalnya Anda merokok dan mengonsumsi alkohol secara berlebih. Kalau keadaan tersebut tidak di tangani dengan tepat, hal ini bisa mengarahkan kamu pada penyakit jantung.

cara mengatasi sakit dada sebelah kiri

Untuk Mengatasi nyeri yang terjadi di dada ini tergantung apa yang menyebabkannya. Berikut ada beberapa jenis yang bisa dipakai buat mengatasi nyeri dada yakni :