Yang menentukan posisi Anda saat duduk, berdiri, berjalan, ataupun tidur adalah postur tubuh. Tentunya apabila kamu memiliki postur tubuh yang buruk, pasti akan berakibat buruk bagi kesehatan. Postur tubuh buruk yang diamaksud disini adalah terlalu lama duduk membungkuk yang yang bisa saja menimbulkan beberapa penyakit.

Terlalu Lama Duduk Bungkuk? Waspada Dengan 8 Penyakit Ini
Ilustrasi terlalu lama duduk bungkuk (sumber: pixabay.com)

Sesekali melakukan kegiatan duduk memang bisa dibilang baik. Namun, kalau hal ini terus diulang atau dilakukan maka akan berdampak buruk bagi kesehatan kamu. Pada hakikatnya tubuh seorang manusia dirancang untuk melakukan pergerakan, bukan hanya melakukan duduk dalam waktu yang cukup lama.

Maka dari itu, dibawah ini ada beberapa masalah yang mungkin akan ditimbulkan dari kebiasaan duduk yang membungkuk berikut ini.

8 Masalah Kesehatan Akibat Terlalu Lama Duduk Membungkuk


1. Memicu depresi

Seseorang yang sering melakukan posisi duduk buruk termasuk duduk membungkuk, memang sudah terbukti memiliki efek negatif terhadap suasana hati. Mungkin yang lebih parah atau berisikonya lagi, orang-orang yang sudah terbiasa atau terlalu lama duduk seperti itu, kemungkinan akan memicu terkena depresi pada orang tersebut.

2. Terjadi perubahan di tulang belakang

Selanjutnya, efek buruk yang paling terlihat pada orang yang sering berjalan atau duduk membungkuk adalah terjadi perubahan pada kurva tulang belakang. Tulang belakan seorang manusia memiliki bentuk dasar yang bagus sehingga perlu untuk dijaga dengan baik. Tetapi, jika kamu telah menghabiskan waktu yang terlalu lama untuk melakukan kegiatan berdiri maupun duduk dengan posisi yang buruk, ini akan membuat tulang belakan seperti merasakan banyak tekanan.

Akibat dari berubahnya kurva tulang belakang seseorang tidak hanya akan menimbulkan rasa sakit panjang atau rasa tidak nyaman, namun akan membuat tulang belakang mencegah penyerapan goncangan serta perubahan dalam menjaga keseimbangan untuk tetap tepat.

3. Masalah pencernaan

Dengan melakukan duduk dalam jangka waktu yang panjang, mampu mempengaruhi organ pencernaan sampai tersumbat, alhasil akan mengurangi fungsi dasar organ pencernaan tersebut. Hal ini membuat organ pencernaan jadi berfungsi dengan lambat, yang bisa memicu timbulnya ketidaknyamanan dan sembelit.

Apabila kebiasaan ini sudah berlangsung cukup lama, bisa saja mampu memunculkan masalah yang lain seperti masalah pada pernapasan, tekanan darah menjadi tinggi, dan sesak diarea dada. Oleh sebab itu, kamu harus benar-benar memperhatikan seperti apa posisi Anda duduk dan berapa lama waktu yang kamu perlukan untuk melakukannya.

4. Menimbun lemak

Salah satu akibat buruk dari masalah pencernaan adalah terjadinya penumpukan lemak. Dan ini tidak lain disebabkan oleh terlalu lamanya melakukan duduk. Beberapa kondisi, yang bersangkutan dengan penyakit tekanan darah tinggi pun menjadi salah satu pemicu lemak berlebih di area tubuh. Semacam pada area sekitar pinggang, dan kolesterol yang tak normal.

5. Memperparah stress

Seperti yang sudah di jelaskan diatas, postur duduk yang buruk dapat memicu timbulnya gangguan pernapasan, nah masalah pernapasan ini lah yang akan berdampak atau mempengaruhi sistem saraf dan akhirnya muncul-lah stress. Kalau kamu tidak ingin hal seperti ini terjadi, disarankan untuk duduk dengan posisi yang tegap, bahu lebar terbuka, dan dada seperti terbuka.

Posisi duduk seperti ini memungkinkan kamu bernapas lebih rileks dan meningkatkan produksi hormon, yang membuat kamu terasa seperti tambah bernergi kembali.

6. Kelelahan

Berikut ini adalah salah satu dari beberapa gejala yang paling umum terjadi dari posisi duduk membungkuk. Tubuh akan memerlukan energi lebih untuk menahan posisi tubuh yang tidak seharusnya. Lantaran tubuh kamu akan membutuhkan energi yang banyak inilah, akan menyebabkan kapasitas pernapasan Anda jadi berkurang sebanyak 30%.

Oleh sebab itu, kebanyakan orang yang duduk dalam jangka waktu yang cukup lama akan mengeluh seperti kecape’an setelah bangkit dari duduknya. Buat mencegahnya, kamu bisa mulai dengan lebih memperbanyak bergerak dari pada menghabiskan waktu untuk duduk. Selain itu, kamu pun dapat meregangkan tubuh setelah duduk terlalu kelamaan.

7. Menimbulkan nyeri punggung yang kronis

Kalau kamu memang sudah terbiasa duduk dalam posisi yang buruk, kamu harus segera menyadarinya. Lantaran hal tersebut akan sangat berpengaruh buruk pada tubuh dan bisa saja menimbulkan penyakit degenerasi cakram sendi serta penyakit punggung kronis. Banyak orang yang tidak menyadari apa yang menyebabkan nyeri di punggung mereka berlangsung selama berhari-hari, tanpa mereka sadari sebenarnya itu disebabkan karena kebiasaan mereka sendiri yang sering melakukan posisi duduk membungkuk dalam waktu cukup lama.

Oleh karenanya, luangkan waktu yang cukup untuk melakukan pergerakan. Meluangkan waktu untuk bergerak tidak hanya bik buat memperbaiki postur tubuh, akan tetapi hal ini juga bermanfaat mencegah bebagai macam masalah kesehatan serius di masa yang akan datang.

8. Meningkatkan risiko kardiovaskular

Di sebuah negara tepatnya di Australia pernah diadakan sebuah penelitian yang membuktikan seseorang yang sepanjang harinya hanya di habiskan dengan duduk dan disertai dengan posisi tubuh yang buruk. Ini dapat meningkatkan risiko Anda memiliki masalah penyakit kardiovaskular. Selain akan membuat jangka hidup seseorang menjadi berkurang, hal ini pun mampu meningkatkan penyakit ini sebanyak 147%.

Baca juga: Begini 5 Cara Mengatasi Tubuh yang Bungkuk