Cara Atasi Rambut Kering dan Mengembang Dengan Mudah

Bagaiman Cara Mengatasi Rambut Kering dan Mengembang?

Rambut yang sehat merupakan idaman bagi para wanita, namun ada beberapa masalah yang menyebabkan rambut menjadi tidak sehat dan indah. Seperti masalah pada rambut yang kering, masalah seperti ini mungkin akan membuat Anda menjadi kurang percaya diri dalam berpenampilan. Di sini Anda tidak perlu khawatir karena di bawah akan di jelaskan mengenai bagaimana cara mengatasi rambut yang kering.

Cara Alami Mengatasi Rambut Kering dan Mengembang


1. Hindari Hair Dryer  atau Pengering Rambut Lain 

Hair dryer dan pengering rambut lainnya akan mengeluarkan panas saat di gunakan, panas ini-lah yang membuat rambut kamu menjadi tidak sehat atau kering. Selain itu, catok yang Anda gunakan juga bisa membuat rambut semakin rusak apa bila penggunaanya tidak di lakukan dengan benar. 

Salah satu cara untuk mengurangi efek samping kerusakan pada rambut adalah dengan menggunakan krim penata rambut anti panas, gunakan krim tersebut sebelum kamu melakukan pengeringan pada rambut. Atau-pun dengan cara yang lebih baik yaitu Anda stop menggunakan pengering rambut seperti ini dan paling tidak Anda bisa secara perlahan mengurangi kebiasaan tersebut.

2. Gunakan Lemon

Cara alami selanjutnya untuk mengatasi rambut kering dan mengembang adalah penggunaan lemon. Kandungan yang terdapa pada lemon dapat membuat rambut jadi sehat dengan kilaunya dan dapat menghindarkan dari rambut yang kering.

3. Hindari Tidur Dengan Rambut Terikat

Kebiasaan tidur dengan kondisi rambut terikat masih banyak di lakukan oleh para perempuan terlebih lagi mereka yang memiliki rambut panjang, dengan alasan agar lebih muda saat di sisir. Namun, tanpa Anda sadari kebiasaan seperti ini ternyata dapat membuat rambut menjadi rusak dan kering. Maka dari itu, akan lebih baik apabila Anda membiarkan rambut tetap terurai saat tidur.

4. Hindari Penggunaan Sampo Rambut Secara Berlebih

Jika Anda ingin mendapatkan rambut yang sehat dan indah, dengan keramas setiap hari bukanlah cara yang tepat. Ini di karenakan setiap orang memiliki kandungan minyak yang berbeda pada rambutnya. 

Bagi kamu yang memiliki kandungan minyak yang berlebih maka melakukan hal ini tidak akan menjadi masalah. Tetapi kalau kamu adalah orang yang mempunyai kandungan minyak pada rambut sedikit, kegiatan keramas setiap hari akan dapat membuat rambut menjadi rontok, kering, bercabang, dan kemungkinan akan memicu masalah rambut lainnya.

5. Gunakan Minyak Zaitun

Salah satu cara mengatasi rambut kering dengan bahan alami adalah menggunakan minyak zaitun. Cara menggunakannya yakni dengan cara Anda mengoleskan minyak pada rambut dan kulit rambut yang telah di basahi, lalu diamkan kurang lebih 5 menit kemudian bersihkan dengan keramas menggunakan sampo.

6. Hindari Keramas Menggunakan Air Panas

Saat Anda mandi menggunakan air hangat usahakan untuk tidak mengenai rambut / keramas. Karena air hangat dapat merusak dan menghilangkan nutrisi pada rambut sehingga bisa menyebabkan rambut kering maupun mengembang. Apabila kamu ingin keramas gunakanlah air yang normal seperti biasannya.

7. Menggunakan Kuning Telur

Kuning telur ternyata juga bisa di manfaatkan untuk kesehatan rambut, dengan cara sebagai berikut :

  • Siapkan 1 butir telur dan pecahkan
  • Lalu Anda harus memisahkan antara kuning telur dan putih telurnya
  • Campurkan 1 sendok makan air dengan kuning telur
  • Selanjutnya aduk hingga rata
  • Lalu campurkan putih telur tadi dengan campuran kuning telur
  • Aduk lagi hingga merata

Gunakan campuran ini dengan menugusap dan sedikit memijatnya pada rambut hingga mengeluarkan busa. Kemudia bilaslah menggunakan air yang bersih.

8. Hindari Menggosok Rambut Dengan Handuk

Banyak orang yang megeringkan rambut mereka denga cara menggosokkan rambut pada handuknya hingga terlihat kering. Ternyata kegiatan seperti ini merupakan hal yang berdampak buruk bagi kesehatan rambut, gosokkan tersebut dapat merusak rambut bahkan bisa membuat rambut kering hingga rontok. Untuk mengeringkan rambut kamu cukup meremas-remanya saja menggunakan handuk.

Baca Juga : Ketahui Kualitas Rambut Anda Dengan Cara Ini