Ini Penyebab Hipertensi yang Harus Anda Ketahui

Ini Penyebab Hiperensi yang Sering Anda Lakukan

Tekanan darah tinggi akan terjadi ketika tekanan darah Anda mencapai 140 ke atas. Apabila 140 ke bawah atau 120 ke atas itu termasuk menjelang darah tinggi. Jika kamu mengalami hipertensi itu akan sangat berbahaya sekali, karena bisa meningkatkan resiko sakit jantung, gangguan pada fungsi ginjal, struk, kebutaan, dan juga bisa terjadi gangguan-gangguan lainnya. kali ini kita akan membahas penyebab apa saja yang mengakibatkan tekanan darah tinggi ini secara umum.

Penyebab Hipertensi yang Mungkin Belum di Ketahui


1.  Genetik/Keturunan

Apabila orang tua atau saudara kamu ada yang terkena darah tinggi, itu resiko-nya besar untuk Anda  juga mengalaminya. Karena, di duga memang ada kaitannya dengan faktor genetik.

2. Usia

7 Penyebab Hipertensi yang Harus Anda Ketahui

Semakin bertambahnya usia kemungkinan akan menyebabkan fungsi organ akan jadi menurun. Untuk Anda yang sudah berusia di atas 35 tahun harus berhati-hati karena pada saat sudah bertambah-nya usia organ-organ dan fungsinya sudah mulai menurun. Misalnya,  pembuluh darah kamu yang tadinya elastis kemudian akan lama-kelamaan menjadi kaku. Dan juga Anda sudah harus berhati-hati dalam makanan, pola hidup, dan kebiasaa sehari-hari. Karena, orang yang usia-nya suda di atas 35 tahun akan lebih beresiko terkena hipertensi atau tekanan darah tinggi ini.

3. Pola Makan

7 Penyebab Hipertensi yang Harus Anda Ketahui

Pola makan yang tidak sehat itu seperti, misalnya Anda selalu makan-makanan yang berlemak, tinggi kolesterol, dan sering mengonsumsi makanan yang terlalu asin. Nah, ini bisa menyebabkan Kamu terkena darah tinggi ataupun meningkatkan resiko terjadinya hipertensi.

Seandainya kolesterol Anda tinggi kemudian menumpuk di dalam pembuluh darah dan terjadi penebalan di dinding pembuluh darah ini mengakibatkan pembuluh darah Anda menjadi lebih kecil, ini-lah yang menyebabkan tekanan darah kamu jadi meninggi. Karena itu, kamu akan lebih beresiko untuk terkena penyakit jantung, dan struk yang tentunya itu sangat berbahaya sekali.

4. Obesitas

7 Penyebab Darah Tinggi yang Harus Anda Ketahui

Obesitas akan berdampak buruk pada kesehatan Kamu karena sel-sel pada tubuh akan memerlukan lebih banyak nutrisi, oksigen, lalu volume darah dan tekanan darah Anda juga akan meningkat secara otomastis. Buat kamu yang memiliki berat badan berlebih di sarankan untuk menerapkan gaya hidup sehat agar dapat menurunkan berat badan menjadi lebih ideal. Untuk mengetahui tubuh Anda sudah ideal atau belum Kamu bisa mengukur-nya dengan menggunakan indeks masa tubuh.

5. Jarang Melakukan Aktivitas Fisik

7 Penyebab Darah Tinggi yang Harus Kamu Ketahui

Jika kamu adalah orang yang jarang melakukan aktivitas fisik ataupun olahraga itu akan berakibat buruk pada kualitas tubuh kita. Di sini kamu di harapakan untuk melakukan olahraga 2-3 kali dalam seminggu, jika Anda sibuk Anda cukup melakukan olahraga di rumah saja. Misalnya di dalam ruangan ataupun di dalam kamar seperti melakukan gerakan, lari-lari kecil, yang paling penting durasinya minimal yaitu 30 menit.

Mengapa orang yang jarang olahraga bisa terkena hipertensi? Ini karena mereka jarang melakukan aktivitas fisik itu cenderung detak jantung atau-pun denyut jantungnya akan lebih tinggi dan bisa meningkatkan resiko obesitas tadi. Jadi, apabila kalian belum membiasakan diri untuk  berolahraga Anda harus melakukannya mulai dari sekarang agar menjaga tubuh tetap normal dan sehat.

6. Kebiasaan Merokok & Minum Alkohol

7 Penyebab Darah Tinggi yang Harus Anda Ketahui

Ini berlaku bagi perokok aktif dan pasif, perokok aktif adalah orang yang melakukan aktivitas merokok. Sedangkan perokok pasif ialah orang yang menghirup asap si perokok tadi. Di dalam asap rokok terdapat zat kimia. Zat ini lah yang dapat membuat pembuluh darah mengalami penyempitan dan mengakibatkan tekanan darah menjadi tinggi.

Sedangkan orang yang meminum alkohol akan membuat pembuluh darah-nya menjadi lebih kaku. Hal ini juga akan meningkatkan resiko terkena darah tinggi.

7. Stres

7 Penyebab Darah Tinggi yang Harus Anda Ketahui

Akibat dari stres akan banyak sekali merugikan tubuh kita. Tanpa kau sadari sebenarnya banyak penyakit yang di sebabkan oleh stres. Di sarankan bagi kamu untuk selalu menjaga pola hidup misalnya, dengan sering refreshing, melakukan hiburan, atau lainnya yang sekirannya akan menyenangkan untuk mengusir kejenuhan dan mengusir stres ini. Stres bisa memicu timbul-nya hormon-hormon Kortisol,  Norepinefrin, dan adrenalin . Hormon-hormon ini bisa menyebabkan darah tinggi apa bila Anda mengalami stres yang berkepanjangan.

Baca Juga :

itulah beberapa penyebab yang sering terjadi secara umum pada orang yang terkena darah tinggi. Untuk kamu, lakukanlah perubahan pola hidup agar menjadi lebih sehat baik dari pola makannya, gaya hidup, dan aktivitas orahraga kamu. Apabila kamu masih mengonsumsi makanan-makanan yang berlemak, dan terlalu asin jika bisa harap dikurangi dan akan lebih baik kalau di hindari. Karena tidak akan ada ruginya juga bagi Anda maupun orang lain, oleh karena itu mulailah hidup sehat dari sekarang.