Meningkatkan Fungsi Otak Dengan Makanan-Makanan Ini

Meningkatkan Fungsi Otak Dengan Makanan Sehari-Hari
Ilustrasi meningkatkan fungsi otak sumber | pixabay.com

Bagaimana sih cara meningkatkan fungsi otak? Pertanyaan seperti ini memang sering muncul dari generasi millennials. Otak memang menjadi salah satu dari organ terpenting tubuh kita, pasalnya organ ini dapat mengatur seluruh fungsi tubuh mulai dari detak jantung hingga emosi yang kamu rasakan. 

Seiring bertambahnya usia kondisi otak bisa menurun, lalu bagaiman cara menjaga fungsi otak dan meningkatkan kekuatan memori? Untuk itu selain menjaga pola hidup sehat Anda boleh mencoba beberapa makanan berikut ini.

Cara Meningkatkan Fungsi Otak


1. Ikan

Ikan seperti salmon ataupun sarden memiliki kandungan tinggi asam lemak omega 3, kandungan ini lah yang dipercaya baik untuk menjaga fungsi otak mulai dari membangun sel saraf beserta otak, mempertahankan tugas otak dan memperlambat penurunan fungsi kognitif.

2. Kopi

Mungkin minuman ini sudah tidak asing lagi bagi sebagian orang, kopi mengandung antioksidan dan juga kafein yang memberi efek positif bagi otak semacam memicunya agar tetap siaga, mempertajam konsntrasi dan bisa meperbaiki suasana hati kalian. Tetapi perlu diingat kamu hanya boleh mengonsumsinya dalam jumlah yang wajar dan juga jangan menambah terlalu banyak pemanis ataupun bahan tambahan lain pada kopi, lantaran hal tersebut mampu mengurangi manfaat dari kopi ini.

3. Kacang-kacangan

Makanan ini tidak cuman enak untuk dijadikan cemilan saja, tapi dapat membantu untuk mempertahankan fungsi otak kamu. Makanan ini memiliki banyak nutrisi seperti lemak tidak jenuh vitamin E dan antioksidan. Kamu bisa memilih jenis kacang almon, kacang mete, kacang kenari serta jenis biji-bijian lain semacam biji bunga matahari atau biji labu. Selain baik bagi otak, kandungan kacang-kacangan tadi di anggap bagus bakal kesehatan jantung.

4. Coklat hitam

Bagi kamu yang gemar sekali mengonsumsi coklat, cobalah mengonsumsi coklat hitam. Sama seperti kopi coklat hitam memiliki kandungan kafein yang dapat meningkatkan fokus dan konsentrasi.  Disamping itu coklat bisa merangsang hormon endorfin, dimana hormon ini mampu membantu memperbaiki suasana hati kamu.

Itulah beberapa makanan yang dianggap bisa buat menjaga fungsi otak, namun sebaiknya kamu juga harus bijak dalam menyantapnya. Pastikan Anda mengonsumsi dalam jumlah yang wajar, lantaran sesuatu yang berlebihan tentunya itu akan tidak baik bagi kita. Jangan lupa terapkan juga pola hidup sehat seperti tidur cukup dan menjauhi alkohor serta rokok.