Ini 6 Penyebab Hepatitis yang Tanpa Disadari Sering Kamu Lakukan

Ketahui Penyebab Hepatitis yang Mungkin Tidak Diketahui
Ilurstrasi hepatitis sumber | pixabay.com
Hepatitis mengacu pada kondisi peradangan hati yang umumnya disebabkan oleh infeksi Virus. Secara global hepatitis khususnya tipe B dan C bertanggung jawab atas kematian 1,34 juta orang ditahun 2015. Selain itu WHO melaporkan bahwa jumlah kematian yang diakibatkan hepatitis, meningkat sebanyak 22% sejak tahun 2000. 

Agar Anda terhindari dari penyakit hepatitits, ketahulah terlebih dahulu apa saja yang bisa menyebabkannya timbul pada tubuh seseorang. Beriku ada beberapa penyebab hepatitis yang perlu kamu ketahui.

Penyebab Hepatitis

1. Mengonsumsi Kerang Mentah
Mengonsumsi kerang yang masih mentah dapat meningkatkan risiko hepatitis A, biasanya khususnya di indonesia kerang disajikan dengan cara dimasak, namun beberapa tempat menyajikannya dengan kondisi mentah untuk langsung dimakan. Padahal tanpa disadari kegiatan ini bisa memicu hepatitis A. Lantaran kerang mentah yang dipanen dari laut dan langsung disajikan tanpa dimasak bisa saja mengandung virus penyebab hepatitis A.

2. Makanan Yang Terkontaminasi Virus
Bukan hanya mengonsumsi kerang mentah saja, hepatitis A juga bisa disebabkan oleh makanan yang telah terkontaminasi virus. Hepatitis A mamapu menyebar dari makanan dan minuman yang tidak steril dan terkontaminasi oleh virus. Hepatitis A akan lebih banyak terjadi di negara yang memiliki sanitasi dan kebersihan pribadi yang buruk. Makanan atau minuman yang paling mudah terkontaminasi adalah buah-buahan, sayuran, kerang, es dan air.

3. Kontak Antar Orang
Selain dengan melalui cara diatas, hepatitis A ternyata jua dapat tertular dari kontak antar orang yang terinfeksi, pada orang lain yang sehat. Hal ini bisa terjadi ketika seseorang yang telah terinfeksi tidak mencuci tangan dengan benar, setelah pergi dari kamar mandi lalu menyentuh benda ataupun makanan. Tak hanya itu, orang tua atau pengasuh yang tidak mencuci tangan dengan benar sehabis mengganti popok atau membersihkan feses orang yang terinfeksi, bisa menyebabkan kamu tertular hepatitis A.

4. Berbagi Jarum suntik
Virus hepatitis B bisa dengan cepat menyebar melalui berbagai jarum suntik, khususnya jarum suntik yang mengandung darah dan terinfeksi virus hepatitis B. Hal ini tidak jauh beda dengan virus HIV yang dapat tertular melalui jarum suntik atau berhubungan intim dengan seseorang yang telah terinfeksi virus tersebut.

5. Saat Proses Melahirkan
Ternyata hepatitis B juga bisa ditularkan dari ibu ke anak ketika proses melahirkan berlangsung. Bayi dapat tertular meski dilahirkan dengan metode normal maupun operasi sesar. Ketika bayi terinfeksi hepatitis B, mereka memiliki Kesempatan 90% buat mengembangkan infeksi kronis seumur hidup. Namun ada cara yang bisa kamu lakukan buat mencegahnya, yaitu memberikan Vaksin segera setelah ia lahir.

6. Berbagi Sikat Gigi Maupun Pisau Cukur
Barbagi sikat gigi ataupun pisau cukur dapat menyebabkan seseorang terjangkit Hepatitis C. Hal ini lantaran ketika seseorang yang telah terinfeksi virus hepatitis c menggosok gigi atau mencukur meggunakan pisau cukur, yang kemungkinan terluka dan akhirnya mengeluarkan darah. Darah yang mengandung virus ini bisa menyebar ke orang lain saat benda tersebut digunakan kembali oleh orang lain. Maka dari itu usahakan menggunakan sikat gigi atau pisau cukur yang kamu pakai sendiri.

Baca Juga : 5 Jenis Buah yang Bisa Dikonsumsi Pasien Liver