Ketahui Cara Mencerahkan Kulit Dengan Treatment yang Efektif

Cari Tahu Cara Mencerahkan Kulit yang Benar
Ilustrasi mencerahkan kulit sumber | pixabay.com
Warna kulit akan ditentukan oleh jumlah melanin yang terdapat di dalam kulit. Melanin adalah pigmen yang dihasilkan oleh sel khusus desebut dengan melanosit, semakin gelapnya kulit seseorang, itu menandakan bahwa pigmen melaninnya semakin banyak. Faktor yang menyebabkan bertambahnya melanin pada kulit kamu diantaranya adalah faktor genetik, hormon, paparan sinar matahari atau kelainan kulit lainnya. 

Standar kecantikan masa kini menilai kecantikan hanya melalui warna kulit, hal ini lah yang menyebabkan banyak orang mendambakan kulit putih. Sehingga, banyak tersebar produk-produk dipasaran yang mengklaim mampu memutihkan kulit. Padahal yang terpenting adalah menjaga kulit Anda tetap bersih, sehat dan cerah. Oleh karena itu dibawah ini Anda akan dberitahu cara kerja cream dan gel yang tersebar dipasaran, kandungan, faktor risiko, dan beberapa tips untuk mencerahkan kulit kamu.

Cara Kerja, Kandungan dan Faktor Risiko Pemutih Kulit

Cara Kerja Cream dan Gel Pemutih Kulit
Cream maupun gel pemutih bekerja dengan cara mengurangi pigmen yang ada pada kulit, cream ini biasa digunakan untuk menghilangkan flek hitam atau bekas jerawat. Produk pemutih kulit biasanya memang mengandung risiko yang sama seperti produk screen care lainnya, Anda disarankan untuk memastikan terlebih dahulu apa yang terkandung didalamnya serta membaca sebelum membeli dan mengaplikasikan di kulit kamu. Bahan aktif yang terkandung pada pemutih kulit biasannya yakni merkuri, merkuri sendiri bisa membahayakan tubuh kamu apa bila digunakan. 

Kandungan Pemutih Kulit
Pemutih kulit biasanya mengandung bahan-bahan aktif yang digunakan untuk mengurangi produksi melanin di kulit. Biasanya bahan tersebut adalah HYDROQUINONE, maka penting buat kamu agar mengonsultasikan ke pada dokter sebelum menggunakan produk-produk tersebut. Bahan pemutih kulit lain biasanya memakai steroid sebagai bahan aktif didalamnya, dan beberapa cream pemutih kulit memanfaatkan bahan-bahan alami seperti kojic acid yang berasal dari senyawa jamur.

Faktor Risiko Penggunaan Cream Pemutih
Risiko yang paling berbahaya dari penggunaan cream pemutih yaitu terpaparnya merkuri, seperti yang diketahui penggunaan merkuri dalam jangka yang panjang mampu menyebabkan kerusakan pada sistem saraf, ginjal serta pencernaan. Pada perempuan hamil yang menggunakan produk pemutih dan mengandung merkuri didalamnya, hal ini bisa membahayakan kesehatan janin dan anak.

Terdapat risiko lain apabila kamu menggunakan cream pemutih dalam jangka panjang, salah satunya bisa menyebabkan penuaan dini dikulit. Penggunaan dengan waktu yang lama bisa memicu kanker kulit yang berasal dari paparan sinar matahari. Steroid yang ada dicream pemutih mampu menimbulkan infeksi kulit, penipisan kulit, jerawat atau proses penyembuhan luka yang lama. 

Hydroquinone mampu memicu perubahan warna kulit yang tidak bisa terobati. Berbagai gel pemutih termasuk yang berasal dari bahan alami pun dapat mengakibatkan iritasi atau reaksi alergi.

Treatment Mencerahkan Kulit

1. Chemical Peel
Chemical peel berfungsi untuk mencerahkan kulit dan merangsang produksi kulit baru. Dalam treatment ini, beberapa bahan kimia akan dioleskan kekulit, sehingga merangsang pertumbuhan kulit yang baru. Chemical peel tersebut memiliki beberapa fungsi diantaranya yakni :

  • Mengurangi kerutan halus yang terdapat di bawah mata dan sekitar garis bibir
  • Mengobati kerusakan kulit akibat penuaan dini yang disebabkan paparan sinar matahari
  • Serta mengangkut sel-sel kulit mati agar kulit dapat menjadi lebih cerah

Namun chemical peel memiliki efek seperti rasa terbakar dan menyengat di kulit, jadi setelah melakukan treatment ini biasanya kulit akan menjadi lebih sensitif terhadap sinar matahari. Maka kamu disarankan agar menggunakan sunscreen.

2. Dermabrasi dan Mikrodermabrasi
Treatment dermabrasi ini dilakukan buat mencerahkan warna kulit, mengurangi bekas luka, bekas jerawat, strech mark dan keriput. Kegiatan berikut akan dilakukan oleh dokter mulai Dari :
  1. pada awalnya kulit kamu akan dibersihkan
  2. kemudian diberi obat bius didaerah yang akan dirawat
  3. Selanjutnya dokter akan menggunakan sikat bersifat abrasif yang berkecepatan tinggi dan berfungsi buat memperbaiki lapisan terluar kulit kalian
Sedangkan pada mikrodermabrasi, kristal berukuran kecil akan disemprotkan ke kulit yang bertujuan untuk menghilangkan lapisan terluar dikulit. Tehnik ini memang tidak seagresif dermabrasi, namun pada dasarnya kedua treatment ini memiliki fungsi yang sama yaitu sebagai proses peremajaan kulit dan membuat kulit menjadi lebih lembut serta cerah.

Catatan :
Kamu harus ingat yang terpenting adalah menjaga kulit tetap bersih, sehat dan cerah bukan menjadi putih. 

Baca Juga :