Begini 5 Cara Mengatasi Tubuh yang Bungkuk

Ada beberapa hal yang bisa membuat kamu menjadi terbiasan membungkuk seperti terlalu lama didepan computer, tv, atau mungkin karena kamu sudah terbiasa duduk dengan posisi yang tidak benar. Maka dari itu, kamu perlu mengetahui bagaimana cara mengatasi tubuh yang membungkuk. 

sebelum itu, Pastinya Anda sudah menyadari bahwa duduk dengan posisi membungkuk tidak hanya membuat postur tubuh atau penampilan menjadi kurang menarik, tetapi juga akan mempengaruhi kesehatan kamu.


Begini 5 Cara Mengatasi Tubuh yang Bungkuk
Ilustrasi cara mengatasi tubuh bungkuk sumber | pixabay.com

Seorang ahli chiropractic dari Stamford sports and spine di Connecticut yang bernama dr. Jason queiros pernah mengatakan, seseorang yang duduk terlalu lama bahunya akan cenderung terlihat maju atau seperti turun ke arah depan, dengan posisi kepala yang condong ke depan.

Dr. Jason pernah menjelaskan kepada mens fitness bahwasannya “Anda akan menambah tekanan pada tulang belakang di setiap centinya, saat kamu memajukan kepala kedepan yaitu sebesar 4.5 kg. Bayangkan saja Anda melihat sebuah layar computer dengan jarak 5 cm, maka kamu akan menambah beban di punggung kamu sebesar 20kg yang akibatnya akan mengaharuskan tulang belakang harus menahannya ”.

Cara Memperbaiki Postur Tubuh yang Membungkuk


Mungkin kamu sudah mengetahui bagaimana agar tubuh tidak membungkuk terus, yap tentunya dengan melakukan rutinitas sehari-hari secara sehat agar terhindari dari kebiasaan membungkuk. Lalu rutinitas apa yang harus di lakukan?

Saya menyarankan kamu supaya melakukan beberapa hal di bawah agar tubuh kamu tidak selalu bungkuk dan postur tubuh yang kamu miliki tetapa tegap. Seperti yang telah di rangkum berikut ini, diantaranya yaitu :

1. Meregangkan Bagian Leher

Untuk melakukan hal ini tidak perlu repot-repot, kamu hanya perlu menerapkannya di kursi. Anda bisa memulainya dengan memiringkan kepala ke kesebelah kanan, lakukan hal ini hingga daun telinga kamu bersentuhan dengan bahu. Selanjutnya kamu harus menggapai bagian bawah kursi menggunakan tangan sebelah kiri sampai tubuh terasa meregang, tahan posisi seperti ini kurang lebih selama 30 detik.

Terapkan juga pada sisi yang lain secara bergantian, kamu bisa mengaplikasikan hal ini sebanyak 3-4 kali dalam satu hari.

2. Meregangkan Otot Tangan

Caranya adalah Anda hanya perlu meletakkan kedua tangan yang saling berpegangan di bagian belakang punggung. Berikutnya kamu dapat menarik tangan kamu ke arah dua sisi yang berlawanan, dan di barengi dengan mendorong kepala ke bagian bawah. Paling tidak kamu bisa menahan posisi seperti ini selama kurang lebih 30 detik hingga leher serta bahu terasa meregang. Lakukan kegiatan ini dengan cara di ulang sebanyak 3-4 kali sehari.

3. Gunakan Pengingat

Kamu bisa menggunakan reminder di laptop maupun hanphone canggih kalian, hal ini berguna untuk selalu mengingatkan Anda agar selalu duduk tegap dengan pundak serta  bahu tetap pada posisinya di bagian belakang. Kamu bisa menyetel reminder agar terus menyala setiapa 10-15 menit buat kamu ingat selalu untuk duduk dengan tegap.

4. Latihan Pernapasan Diafragma

Anda dapat melakukan latihan ini dengan cara berbaring telungkup diatas lantai atau diatas apapun yang permukaanya datar, dan dahi bisa dialasi menggunakan telapak tangan. Selanjutnya Anda disarankan untuk bernafas dan membuang nafas melalui mulut hingga mengalir udara ke perut, sampai Anda merasakan rileks di bagian dada. Ulangi kegiatan ini sebanyak 10 kali.

5. Latihan Kekuatan Otot Punggung

Selanjutnya dan yang terakhir adalah kamu disarankan buat memperkuat punggung agar sekuat dada. Ada dua macam latihan di bawah ini yang dapat kamu terapkan untuk memperbaiki keseimbangan tulang belakang yang bermasalah akibat membungkuk.

Rotasi dada
Untuk latihan yang satu ini kamu di tuntut untuk melakukannya dalam posisi merangkak yaitu meletakkan kedua tangan sekaligus lutut ke atas lantai. Lalu letakkan tangan kanan Anda di bagian belakang kepala, denga posisi siku kamu mengarah keatas atau seperti keluar.

Berikutnya Anda dapat mengencangkan otot perut serta memutar bahu kanan mengarah ke tangan sebelah kiri, dan putar kembali mengarah ke sebaliknya atau ke atas. Selama melakukanya Anda harus ingat agar selalu melihat siku kamu.

Ulangi kegiatan ini sebanya 12 kali secara bergantian dengan tangan yang satunya lagi. Anda bisa melakukannya terus sebanyak 2 set, jika kamu kurang mengerti (1 set itu sama dengan 12 kali).

Mengangkat kedua tangan dengan posisi Y
Apabila kamu ingin melakukan latihan berikut ini dengan mudah, disarankan untuk pergi ke GYM. Untuk melakukanya, kamu dapat mengambil beban yang ringan paling tidak dua (dumbbells), lalu berbaringlah dengan posisi tubuh telungkup di alat atau Anda bisa meninggikan penyangga dada dengan agar tangan bisa diturunkan lurus ke arah lantai, sedangkah ujung kaki Anda menyentuh lantai.

Lalu dada Anda sandarkanlah pada penyangga, dan luruskan tangan menghadap kearah bawah dengan kedua telapak tangan kamu saling berhadapan dan memegang beban. Tahap selanjutnya adalah mengangkat keduanya hingga membentuk sudut 30 derajat dari tubuh sampai membentuk huruf Y. 

Sebelum menurunkannya, ke 2 tangan secara perlahan-lahan tahan dulu selama 2 detik baru turunkan lah ke tempat semula. Anda bisa mengaplikasikan latihan ini sebanyak 10-12 kali dalam satu setnya. Setiap kamu melatih bagian atas tubuh, kamu bisa melakukan 3 set di setiap latihan.

Baca Juga: Terlalu Lama Duduk Membungkuk? Waspada Dengan 8 Masalah yang Akan Mengintai