Cara Ampuh Mencegah Timbulnya Jerawat Pada Wajah

Hindari Timbulnya Jerawat yang Membandel Pada Wajah
timbulnya jerawat (sumber; pixabay.com)

Jerawat merupakan masalah yang cukup serius bagi kebanyakan orang terutama wanita. Jerawat dapat membuat kamu menjadi kurang percaya diri untuk menjalani gaya hidup.Maka dari itu, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa anda terapkan untuk mencegah timbulnya jerawat. yang tentunya pasti ampuh.

1. Rajin Mencuci Wajah 2-3 Kali Dalam Sehari

Hal yang paling perlu di perhatikan pertama adalah mencuci wajah 2-3 kali dalam sehari. Ini di lakukan untuk mecegah kotoran kotoran yang bisa saja menyumbat pori-pori wajah yang bisa menimbulkan jerawat.

Pastikan sabun cuci muka yang anda gunakan cocok untuk kulit anda. Jangan sesekali sabun mandi anda gunakan untuk membersihkan wajah karena itu bisa menyebabkan kulit anda kering.

2. Gunakan Tabir surya

Perawatan yang perlu anda lakukan selanjutnya yaitu dengan cara memakai tabir surya/sunscreen. Hal ini dilakukan untuk mencegah hal buruk yang disebabkan efek sinar matahari, yang dapat merusak kulit. Maka dari itu pakailah sunscreen pada saat ingin keluar rumah untuk mencegahnya.

3. Selalu Jaga Asupan Makan

Menja pola makan sehat sangatlah penting untuk kesehatan, terutama kesehatan kulit. Pasalnya, orang yang makan degan kandungan glikemik tinggi cenderung lebih mudah terkena jerawat. Contoh makanan yang mengandung glemik adalah kripik, minuman bersoda. Makanan atau minuman ini dapat meningkatkan  gula darah dengan cepat. Akan lebih jika anda mulai mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi seperti sayuran, buah-buahan, atau makanan yang direbus atau di kukus. Cukupi juga cairan yang masuk kedalah tubuh anda teraturlah dalam mengonsumsi air putih.

4. Hindari Menyentuh Wajah

Mungkin anda sangat senang menyentuh wajah dengan berbagai alasan. tapi, kebiasaan ini sangat rentan untuk timbulnya jerawat pada wajah. Pasalnya, tangan anda yang belum tentu bersih dan terdapat bakteri dan kotoran. nah, bakteri dan kotoran ini lah yang akan memancing timbulnya jerawat pada wajah anda. Ini akan lebih baik jika anda tidak menyentuh wajah sebelum tangan anda bersih dari kotoran dan bakteri jahat.

5. Jangan Terlalu sring Stres

Stres bisa menyebabkan timbulnya jerawat pada wajah anda ini disebabkan hormon tubuh yang tidak seimbang. Maka dari itu kendalikan stres anda dengan melakukan kegiatan-kegiatan positif yang mebuat anda bahagia untuk  mencegah stres. Selalu lah tampil bahagi karena itu sangat baik bagi kesehatan anda.

6. Olahraga Teratur

Satu hal lagi yang bisa membuat stres anda berkurang adalah dengan cara berolah raga. Karena aktivitas fisik dapa melancarkan sirkulasi darah sehingga kulit dapat menyerap oksigen dan tetap menjaga kulit anda tetap sehat.

Baca Juga :