Penyebab Gatal Selangkangan: Gejala dan Cara Mengatasinya Dengan Mudah

Ketahui Penyebab Gatal Selangkangan | Gejala dan Mengobati
Ilustrasi gatal selangkangan sumber | pixabay.com

Rasa gatal yang timbul diarea selangkangan memang wajar dialami bagi setiap orang, sama halnya dengan gatal diarea tubuh lain. Tetapi gatal pada selangkangan memang cenderung lebih menyusahkan dibanding rasa gatal yang timbul didaerah lainnya. Pasalnya kita harus peka terhadapanya lantaran akan tidak pantas apabila kita menggaruk diarea umum. Lalu apa saja yang perlu kita perhatikan tentang gatal diselangkangan ini? Simak penjelasan dibawah dengan benar.

Penyebab Gatal Selangkangan: Gejala dan Cara Mengatasinya


Apa penyebab gatal pada selangkangan?

Orang yang pernah mengalami gatal ada kemungkinan mereka terkena tinea cruris. Tinea cruris adalah istilah untuk penyakit jamur yang terjadi pada kulit, jamur golongan dermatofita ini dapat ditemukan diarea kulit, kuku atau bahkan di rambut. Jamur penyebab tinea cruris ini mampu tumbuh subur dan berkembang biak dengan dicepat didaerah yang lembab seperti diselangkangan maupun daerah lipat paha.

Infeksi ini biasanya akan menimbulkan gejala semacam gatal serta muncul ruam yang berwarna lebih merah dibagian tepi dibanding bagian tengahnya.

Siapa saja yang bisa terkena gatal karena jamur ini?

Gatal diselangkangan yang diakibatkan tinea cruris bisa terjadi oleh siapa saja, tapi bisa berisiko lebih tinggi dengan penderita diabetes dan juga obesitas. Penyebabnya sendiri juga beragam, yakni kondisi yang menyebabkan kulit menjadi lembab sehingga jamur mampu tumbuh lebih mudah dipermukaan kulit.

Apa saja gejala yang bisa terjadi dari getal selangkangan?

Terdapat beberapa hal yang bisa kamu alami, seperti :

  • Gatal dan rasa terbakar pada selangkangan
  • Lesi kulit dengan tepi yang lebih merah 
  • Bila berlangsung lebih lama biasanya kulit akan terlihat menghitam dan bersisik
  • Ruam serta gatal yang memburuk ketika Anda selesai melakukan aktifitas yang banyak mengeluarkan keringat

Cara mengatasi gatal selangkangan

Tenang saja, karena banyak cara yang bisa digunakan buat menghindari gatal di selangkangan diantaranya Selain menjaga kebersihan pakaian dalam, jangan lupa ganti setiap hari dan cuci setelah menggunakannnya. Tidak lupa juga jangan menggunakan barang-barang pribadi secara bergantian semacam pakaian dalam serta handuk.

Perlu dicatat apabila kamu selesai melakukan aktivitas yang mengeluarkan banyak keringat, segeralah mengganti pakain dalam, lantaran pakaian dalam yang lembab bisa memicu timbulnya jamur penyebab gatal diselangkangan. Buat kamu yang sudah terinfeksi tinea cruris, Anda bisa melakukan perawatan mandiri seperti dibawa ini :

  • Untuk langkah awal jangan lupa membersihkan daerah yang gatal dengan air hangat dan sabun, setelah itu keringkan.
  • Lalu Anda bisa mengoleskan krim, salep atau lotion anti jamur didaerah yang gatal. Kamu bisa juga menemukan obat-obatan semacam ini di apotek terdekat.
  • Harap selalu diingat untuk mengganti pakaian dalam setiap hari, serta memakai pakaian yang nyaman dan mudah dalam penyerapan keringat. Sebaiknya Anda menghindari pakaian terlalu ketat serta jangan menggaruk bagian yang gatal karena bisa menyebabkan iritasi dikulit.

Kalau kamu suda melakukan tips-tips diatas namun juga tidak kunjung sembuh, ada baiknya kamu periksakan diri kedokter agar mendapatkan penanganan yang tepat. Meskipun memang terlihat sepele Anda disarankan agar tidak mengabaikan kondisi ini. Karena bila dibiarkan kondisi tersebut tidak hanya mampu mengganggu aktivitas, tetapi juga bisa menurunkan rasa percaya diri. Jadi, coba lakukanlah perawatan yang sudah dijelaskan diatas tadi, semoga berhasil.

Baca Juga : Cara Menyembuhkan Penyakit Kulit Dengan Mudah