Cari Tahu 6 Penyebab Berat Badan Tidak Turun Padahal Telah Melakukan Diet

Penyebab Berat Badan Tidak Kunjung Turun yang Kerap Kali Disepelekan
Ilustrasi berat badan sumber | pixabay.com
Mungkin sebagian dari Anda maupun perempuan atau laki-laki telah melakukan berbagai cara untuk menurunkan berat badan agar mendapatkan tubuh yang ideal. Sayangnya banyak juga orang menerapkan diet dengan cara yang salah sehingga diet yang telah mereka lakukan sejak lama tidak menunjukkan hasil apapun. 

Lalu Apakah yang penyebab hal ini bisa terjadi? Biasanya masalah ini bisa terjadi lantaran seseorang telah melakukan kesalahan diet, yang sering sekali tidak mereka sadari. Secara umum faktornya bisa jadi lantaran ketidak tahuan seseorang mengenai cara diet yang benar. Oleh sebab itu, dibawah ini ada beberapa penyebab yang membuat kamu gagal menerapkan diet tersebut.

Penyebab Berat Badan Tidak Kunjung Turun

1. Tidak Cukup Minum Air Putih

Mungkin Anda pernah berfikir harus minum berapa gelas air dalam sehari? Untuk setiap orang tentunya berbeda. Agar kamu mudah menghitungnya, pada dasarnya dosis air putih yang kamu minum setip hari itu adalah 40 cc/kgBB. Misalkan Anda memiliki berat badan 60 kg berarti dosis air yang harus masuk ke dalam tubuh setiap satu hari yaitu kurang lebih 2400 cc air putih mineral. 

Dan apabila Anda sedang beraktivitas diarea cuaca yang sedang panas dan melakukan olahraga berlebih, kamu bisa menaikkan dosis untuk minum air putih sampai 50 cc/kgBB/hari. Mengapa seseorang yang kekurangan cairan susah menurunkan berat badan? Karena cairan itu sendiri berfungsi buat membantu proses metabolisme didalam tubuh dan juga bisa mengurangi rasa lapar Anda.

Baca Juga : Ketahui Manfaat Minum Air Hangat di Pagi Hari

2. Kekurangan Protein

Protein berguna sebagai pembentuk masa otot kalian, maka dari itu bagi Anda yang sedang melakukan diet, apabila Anda kekurangan protein, hal ini malah akan membuat masa otot akan menjadi turun. Dan bila hal tersebut sampai terjadi, pembakaran lemak didalam tubuh kamu jadi lebih berkurang. Oleh karena itu, perbaikilah asupan protein kamu karena jika massa otot seseorang bagus maka pembakaran lemak di dalam tubuh mereka pun menjadi lebih sempurna.

3. Asupan Kalori yang Tidak Tepat

Banyak orang telah menerapkan olahraga yang keras namun berat badanya tidak kunjung turun. Kemungkinan hal ini bisa terjadi lantaran mereka melakukan penambahan olahraga, tetapi asupan makan mereka juga bertambah. Maka dari itu, kamu disarankan juga harus menjaga pola makan dengan baik agar diet yang telah kamu laksanakan dapat berhasil.

4. Makan Berlebih Setelah Berolahraga

Sebagian orang yang baru pertama kali menerapkan program olahraga, mereka cenderung melakukannya dengan semangat. Lalu setelah pulang orang tersebut biasanya merasa kelaparan, yang akhirnya mereka makan mungkin mencapai dua kali lipat atau tiga kali lipat dari biasanya. Kegiatan tersebut malah akan menambah jumlah kalori harian Anda, kalau kamu lakuakan hal ini tentunya berat badan akan susah sekali untuk diturunkan.

Makhluk hidup itu tumbuh dan berkembang melalui makanan yang mereka konsumsi, tidak hanya melalui obat-obatan yang belum pasti akan khasiatnya.

Baca Juga :