Beberapa Penyebab Kulit Kusam yang Sering Dilakukan
Ilustrasi kulit kusam sumber | pixabay.com
Kulit kusam adalah masalah yang mungkin akan dialami oleh sebagian orang, terutama bagi kamu yang sering melakukan aktivitas di luar ruangan yang tentunya dapat terpapar sinar matahari atau terpapar polusi dalam waktu yang cukup lama disetiap harinya. Meski masalah ini akan merusak penampilan dan membuat kulit jadi tidak enak untuk di pandang, namun masalah kulit kusam tidak hanya masalah estetika saja. Maka dari itu, Anda juga harus mengetahui hal apa saja yang bisa menyebabkan kulit menjadi kusam, dibawah ini ada beberapa penyebab kulit Anda jadi terlihat lebih kusam.

Penyebab Kulit Kusam

1. Stress

Apabila kamu merasakan stress, yang akan terjadi adalah hormon kortisol didalam tubuh kamu akan meningkat. Efek dari naiknya hormon tersebut yaitu, menyebabkan pembuluh darah didalam tubuh kamu semakin menyempit atau dalam istilah medisnya ialah Vasokonstriksi. Hal ini dapat membuat aliran-aliran darah jadi mengutamakan organ-organ vital semacam jantung, paru-paru dan lainnya.

Lalu apa efeknya bagi wajah? Hal ini bisa membuat aliran darah ke kulit wajah kamu menjadi terhambat bahkan semakin berkurang, yang artinya nutrisi yang seharusnya masuk ke kulit wajah bisa semakin menurun juga sehingga pada akhirnya nanti menyebabkan kulit wajah kamu menjadi kusam.

2. Kurang Tidur

Apabila Anda sampai kurang tidur dari 8 jam, hal yang akan terjadi adalah regenerasi kulit yang harusnya terjadi malah terhambat. Lantaran pada saat kamu sedang tidur, seharusnya akan terjadi regenerasi dengan baik. Masalah ini lah yang menjadikan kulit menjadi lebih kusam saat terbangun dipagihari karena tidur yang kurang.

Tidak hanya itu saja, tetapi garis-garis kulit pada wajah kamu pun akan semakin bertambah, yang lama-kelamaan keriput di wajah semakin jelas dan proses penuaan akan semakin cepat terjadi. Maka dari itu, apabila kamu kurang tidur dari 8 jam sehari, keesokan harinya atau disianghari kamu harus pandai mengatur waktu untuk mengganti tidur yang kurang tadi agar regenerasi kulit menjadi baik. Tidak hanya itu saja, daya tahan tubuh pun bisa jadi semakin bagus dengan pola tidur dan kualitas tidur yang sangat bagus.

Baca Juga : 6 Penyebab Insomnia (Gangguna Tidur) yang Sering Disepelekan

3. Polusi & Sinar UV

Hal ini adalah penyebab yang palilng sering terjadi, khususnya bagi kamu yang tinggal didaerah perkotaan 2 hal ini adalah masalah yang paling bahaya dan bisa membuat kulit wajah kamu menjadi tidak merona lagi, tidak memancarkan cahaya, tidak glowwing lagi dan tidak cerah yang pada akhirnya akan menjadi kusam bahkan bisa menyebabkan timbulnya jerawat dan berbagai komedo.

Kenapa masalah seperti ini bisa terjadi?

Kamu harus mengetahui bahwasannya sel-sel kulit mati itu akan berganti sampai 28 hari, jadi pada hari pertama sampai hari ke 28 sel-sel kulit akan terus berganti dan akan menumpuk di kulit wajah kalian. Apabila kamu terpapar dengan zat-zat polutan yang tidak baik ini serta sinar ultra violet seperti UVA, UVB, dan UVC. 

Salah satu dari sinar uv tersebut ada yang bisa merangsang sel melanosit untuk menghasilkan melanin lebih banyak lagi. Sel melanosit ini sendiri yaitu sel yang terdapat pada lapisan epidermis kulit Anda yang ada di lapisan kulit teratas di stratum basale atau lapisan yang paling dasar di epidermis. 

Hal ini yang nantinya akan terangsang untuk terus mengahasilkan dengan bantuan enzim tirosinase agar menghasilkan melanin lebih banyak lagi. Sehingga pigmen-pigmen melanin yang menyebabkan warna kusam dan warna kecoklatan itu akan semakin banyak.

Catatan :

Oleh karena itu, apabila kamu memang harus terpakasa untuk terpapar zat polutan atau sinar matahari, usahakan untuk menggunakan masker ataupun topi agar tidak langsung terpapar secara langsung.

4. Dehidrasi

Selanjutnya yang membuat kulit wajah kamu mudah sekali kusam adalah dehidrasi, kenapa dehidrasi ini bisa membuat kulit kamu kusam? Karena apabila Anda kurang asupan cairan didalam tubuh, maka akan membuat segala komponen didalam pembuluh darah yang seharusnya mengalirkan nutrisi ke kulit menjadi berkurang. hal inilah yang bisa menyebabkan kulit menjadi terlihat kusam.

Baca Juga :