Penyebab Panu Timbul di Wajah Serta Cara Mengobatinya

Memiliki panu di tubuh itu pasti sudah sangat menggangu, apalagi hal ini terjadi di wajah. Banyak orang menganggap bahwasannya panu itu mampu timbul lantaran seseorang kurang menjaga kebersihan tubuhnya. Pada dasarnya masalah ini di picu oleh infeksi jamur.

 Apabila hal tersebut telah menimpa kamu, segeralah untuk mengobatinya. Maka dari itu di bawah ini saya akan menjelaskan beberapa penyebab, cara mengobati, dan mencegah panu timbul di wajah.

Penyebab Panu Timbul di Wajah


Panu adalah penyakit kulit yang umumnya dapat di temukan pada seseorang yang bermukim di negara-negara tropis serta lembab, khususnya indonesia. Hal ini bisa terjadi lantaran di picu oleh infeksi yang disebabkan jamur malassezia. Jamur ini akan timbul pada bagian permukaan kulit dan bisa berkembang biak dengan sangat cepat. Berikut faktor pemicu panu dapat timbul di wajah, seperti :

  • Kulit berminyak.
  • Faktor cuaca lembab serta panas.
  • Tubuh memproduksi minyak secara berlebihan.
  • Sistem kekebalan tubuh melemah.

Selain mampu timbul di area wajah, masalah ini juga dapat terjadi di punggung, dada, lengan atas, maupun leher. Sering kali kemunculan panu tidak di sadari, terlebih lagi jika panu tersebut timbul di daerah kulit yang susah terlihat. Maka dari itu, kamu perlu mengetahui gejala-gejala apa yang umumnya terjadi pada penderita panu, diantaranya yaitu :

  • Warna kulit berubah menjadi putih, merah, hingga cokelat.
  • Permukaan kulit yang terdapat panu biasanya akan terasa gatal serta bersisik.

Penyakit panu yang muncul di wajah terkadang sering di sama-samakan dengan pityriasis alba. Ini di karenakan gejala yang hasilkan kedua penyakit tersebut tidak berbeda. Yakni seperti flek berwarna putih, yang muncul di daerah sekitar leher hingga wajah. Meski memiliki gejala yang sama, namun pengobatan pityriasis alba sendiri, berbada dengan infeksi jamur.

Area wajah yang berubah menjadi putih lantaran pityriasis alba, tidak akan di tangani menggunakan obat anti jamur, melainkan menghindari sinar matahari, memakai pelembab, ataupun salep kortikosteroid. Dan juga untuk penyembuhannya kamu tidak perlu terlalu khawatir, lantaran bisa sembuh tanpa melalui proses pengobatan khusus.

Cara Mengobati Panu di Wajah


Walaupun panu bukan termasuk jenis penyakit yang mengancam jiwa, tapi bisa membuat beberapa orang menjadi tidak nyaman, serta merasa tidak percaya diri. Oleh sebab itu, kamu bisa menerapkan beberapa metode perawatan di bawah ini untuk menghilangkannya :

a. Menggunakan Obat Anti Jamur

Ya, menggunakan obat atau lebih tepatnya adalah tablet anti jamur. Tablet ini dapat mengatasi panu yang bisa saja menyebar lebih luas. Tablet ini memang telah terbukti efektif, meskipun begitu bukan berarti tablet ini tidak dapat menimbulkan efek samping.

Efek samping yang akan di timbulkan diantaranya ialah perut terasa sakit dan timbul ruam di permukaan kulit kamu. Maka dari itu, sebelum meutuskan buat membelinya, ada baiknya kalau Anda mengonsultasikannya kedokter agar mendapatkan saran yang tepat.

b. Memakai Krim dan Sampo Anti Jamur

Kalau ketika menggunakan obat anti jamur tidak menunjukkan perubahan apapapun pada panu di wajah Anda, kamu bisa mecoba krim dan sampo anti jamur ini. Ini merupakan salah satu jenis obat panu yang sering di pakai. Untuk hasilnya bisa di bilang cukup berfungsi mengatasi jamur malassezia yang dapat menyebabkan panuan.

Sebelum membelinya, pastikan terlebih dahulu Anda mengecek apa yang terkandung di dalam krim atau sampo anti jamur tersebut. Pilihlah krim atau sampo anti jamur yang mengandung Selenium sulfida, clotrimazole, atau miconazole. Untuk menghindari risiko efek samping yang bisa saja timbul, harap konsultasikan ke dokter sewaktu kamu belum mengaplikasikannya.

Pada dasarnya, dua pengobatan diatas memang mampu mengobati panu yang bermunculan di kulit Anda. Hanya saja, proses mengembalikan warna kulit wajah kamu yang susah. Untuk mengembalikan warna kulit menjadi seperti sebelumnya, akan memerlukan waktu hingga berminggu-minggu, malahan samapi berbulan-bulan.

Cara Mencegah Timbulnya Panu di Wajah


Walaupun panu di wajah kamu sudah menghilang, tapi tidak menutup kemungkinan untuk masalah ini dapat timbul kembali. Untuk itu, Anda disarankan buat berhati-hati serta mencegahnya hadir lagi. Jadi, di bawah ini ada beberapa siasat yang bisa mencegah timbulnya panu di wajah Anda :

  1. Tetap berada di ruangan yang sejuk serta kering.
  2. Tidak menggunakan produk pemelihara kulit yang mengandung minyak.
  3. Jauhi paparan sinar matahari langsung. Kalaupun ingin beraktivitas di luar ruangan usahakan memakai tabir surya buat melindungi kulit.
  4. Selalu menjaga wajah tetap bersih dan normal. Normal yang di maksud disini yaitu tidak terlalu kering ataupun tidak terlalu berminyak, lantaran bila hal ini sampai terjadi bisa saja memicu penyakit kulit lain.
  5. Rajin membersihkan wajah dan tidak menunda-nunda buat mengeringkannya.
  6. Kalau wajah sering mengeluarkan keringat, kamu juga di sarankan untuk sesegera mungkin mengeringkannya, hal ini berguna menghindari jamur pemicu panu datang lagi.

Jika kamu telah melakukan cara-cara yang telah saya jelaskan diatas, namun panu yang timbul di wajah terus saja bermunculan. Berkonsultasilah ke dokter terkait, agar panu Anda tidak semakin menyebar ke seluruh tubuh dan mendapatkan penanganan yang tepat.