Bagaimana Cara Merawat Rambut Dengan Alami? Cari Tahu Resepnya Disini
ilustrasi rambut yang terawat (sumber: pixabay.com)
Untuk memiliki rambut indah, tidak mesti harus membutuhkan biaya yang mahal. Anda hanya memerlukan bahan-bahan di sekitar saja, agar mendapatkan rambut yang sehat, indah alami. Pada dasarnya, mungkin hampir semua bahan yang di dapat dari alam mempunyai kandungan nutrisi serta vitamin yang penting bagi tubuh.

Apalagi buat rambut, tentunya ada banyak sekali yang kemungkinan Anda belum mengetahuinya. Lalu Apa sih yang bisa di lakukan untuk merawat rambut dengan bahan alami? Cari tahu jawabannya di bawah ini.

Cara Merawat Rambut Menggunakan Bahan Alami


Mempunyai rambut yang cantik dan berkilau memang menjadi dambaan bagi setiap orang, khususnya wanita. Apabila kamu ingin mencoba perawatan rambut memakai bahan-bahan alami, kamu bisa mendapatkannya dibawah ini :

1. Gunakan Masker Dari Lidah Buaya

Kamu harus tahu bahwasannya lidah buaya memiliki banyak manfaat untuk mengatasi masalah rambut seperti rambut rontok, ketombe, hingga rambut atau kulit kepala yang berminyak. Selain itu, menggunakan lidah buaya secara rutin juga dapat membantu melembabkan, menguatkan, dan merangsang perkembangan rambut.

Cara pembuatannya pun terbilang cukup mudah, kamu hanya perlu mengambil daun lidah buaya yang masih segar. Lalu bersihkan dan kupas kulitnya hingga tersisa dagingnya yang terlihat bening. Selanjutnya kamu bisa langsung membelender daging lidah buaya tadi tanpa harus di campur dengan air.

Jika sudah di belender, hasilnya akan terlihat seperti geli, Masukkan gel tersebut kedalam wadah yang kedap udara. Gunakan gel ini setelah Anda keramas atau mencuci rambut. Setelah selesai mengoleskannya, diamkan paling tidak selama 5 menit dan disertai dengan balutan handuk hangat. Tahap yang terkahir bilas rambut sampai bersih dan tentunya menggunakan air yang bersih juga.

2. Memakai Minyak Kelapa Agar Rambut Sehat Alami

Biasanya beberapa saat setelah melakukan kegiatan keramas, pada beberapa orang rambut akan mulai terlihat kering. Apabila kamu juga mengalami hal ini, jangan kahawatir memilih minyak kelapa merupakan sesuatu yang tepat untuk mengembalikan rambut Anda menjadi sehat kembali.

Ini lantaran minyak kelapa memiliki asam lemak yang baik serta mampu menembus hingga ke bagian batang rambut. Untuk penggunaanya, siapakan minyak kelapa secukupnya dan oleskan mulai dari bagian tumbuhnya rambut hingga ke unjungnya. Oh ya, kalau Anda ingin tidur balutlah rambut menggunakan plastik kresek terlebih dahulu buat menghindari minyak menempel ke bantal. Setelah selesai, kamu bisa langsung membiarkannya hingga terbit fajar.

Tahap berikutnya bilas rambut menggunakan air bersih dan sampo sampai bersih. Selain menggunakan minyak kelapa murni, dan supaya mendapatkan hasil yang maksimal Anda bisa mencampurkan minyak ini ke masker rambut.

3. Menggunakan Kondisioner dari Minyak Zaitun

Selain beberapa bahan alami yang sudah di jelaskan di atas, kamu pasti telah mengetahui bahwasannya minyak zaitun memang memiliki beragam manfaat bagi kesehatan, dan tentunya juga bagi rambut. Minyak zaitun berfungsi sebagai bahan perawat alami rambut seperti mengatasi rambut yang bercabang, kering, serta mampu melembabkan rambut.

Tidak hanya itu saja, bahan alami ini pun mampu merapikan ketika kamu mungkin selesai menata rambut semacam di keriting, rambut yang bergelombang, maupun rambut yang di warnai. Zat emolien yang terkandung di dalam minyak zaitun berguna melembutkan dan melembabkan rambut. Zat ini telah di percaya dapat masuk ke bagian dalam batang rambut sehingga mampu membuat rambut kamu terasa kuat dan lembut.

Buat menggunakan minyak zaitun sebagai kondisioner, kamu bisa mengoleskan 2 sendok makan minyak tersebut ke rambut secara merata. Setelah itu kamu bisa menutupinya menggunakan handuk ataupun plastik. Tunggu 15 menit, barulah Anda cuci hingga bersih.

BACA JUGA :

Melakukan perawatan rambut dengan rajin atau rutin dapat membantu Anda menjaga kesehatan rambut. Kalau saat penggunaanya kalian merasa tidak cocok, dan bahkan sampai mengalami alergi atau hal buruk apapun itu. Segera hentikan penggunaanya, serta berkonsultasi ke dokter agar mendapatkan saran yang lebih baik.