Perlu Anda ketahui bahwasannya, apabila Anda membersihkan kotoran telinga menggunakan cotton bud ini malah membuat kotoran semakin terdorong masuk lebih dalam. Lantas bagaimana dong cara membersihkan telinga dengan benar? Berikut adalah ulasannya.

Kotoran telinga atau juga disebut dengan serumen, pada dasarnya merupakan gumpalan atau cairan lunak yang diproduksi secara alami pada saluran telinga kamu. Kebanyakan orang belum mengetahui apa sebenarnya fungsi dasar dari kotoran telinga ini. Pada umumnya, kotoran itu berguna sebagai pelindung alami telinga.

Bagaimana Cara Membersihkan Telinga Dengan Benar? Cari Tahu Caranya Disini
Ilustrasi cara membersihkan telinga yang benar (Pixabay.com)

Lantaran hal itu kotoran telinga berperan penting menyangga debu yang ingin masuk, menghalau perkembang biakan kuman, dan juga menjaga agar air tidak masuk ke saluran telinga. Kotoran ini, tidak akan menimbulkan masalah yang berarti apabila jumlahnya tidak menumpuk.

Jika kamu memiliki kotoran telinga yang berlebihan, ini akan menyebabkan saluran telinga mengalami penyumbatan dan bisa saja memicu rasa nyeri pada telinga hingga pendengaran kamu terganggu.

Kotoran yang menumpuk ini memang sudah harus di bersihkan, akan tetapi apabila cara pembersihan yang di lakukan tidak bernar maka kotoran telinga akan semakin terdorong masuk ke dalam saluran telinga. Lalu bagaimana cara menghilangkan kotoran telinga yang telah menumpuk?

Tidak Mengorek-Ngorek Telinga

Memiliki kotoran telinga yang telah menumpuk, memang harus di tangani dengan sebaik mungkin agar tidak muncul masalah kesehatan, seperti :

  • Nyeri telinga yang berkepanjangan.
  • Masalah pendengaran.
  • Terjadi infeksi di sisi tengah telinga.
  • Berdenging.
  • Timbul rasa gatal di telinga.
  • Gendang telinga pecah atau akan terbentuk lubang di gendang telinga.
  • Infeksi saluran telinga di bagian luarnya.

Maka dari itu, jangan sekali-kali coba membersihkan atau pun memasukkan klip kertas, lidi yang telah di lapisi kapas, jepit rambut, apalagi cotton bad sebagai cara membersihkan telinga "jangan pernah". Kegiatan ini bisa berisiko tinggi menimbulkan kerusakan saluran telinga serta gendang telinga. Jadi, bukannya kotoran dapat keluar, malah dia akan mengendap lebih dalam di saluran telinga.

Ini Cara Membersihkan Telinga yang Benar Untuk Dilakukan

Di bawah ini ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan sebagai cara membersihkan kotoran telinga, yaitu sebagai berikut :
  1. Jika Anda biasa menggunakan lilin telinga atau dengan nama lain ear candle Anda harus segera menghentikan praktik ini. Karena tidak terbukti efektif menyembuhkan, malah bisa muncul cedera telinga misalnya saja timbul rasa terbakar atau tersumbatnya saluran telinga.

  2. Menggunakan obat tetes untuk telinga, obat ini bisa kamu dapatkan di apotek ataupun toko obat yang sudah terpercaya. Fungsinya sendiri, akan melunakkan gumpalan kotoran telinga supaya mudah di keluarkan. Selain itu, kamu juga bisa memakai minyak bayi maupun gliserin.

  3. Setelah 2-3 hari Anda menerapkan obat pelunak kotoran telinga tersebut, miringkan kepala Anda, posisikan telinga yang bermasalah di bagian atas lalu masukkan tetesan air hangat secukupnya ke saluran telinga. Selanjutnya miringkan kembali kepala kamu keposisi yang lain supaya kotoran telinga dapat keluar. Kalau sudah keringkan air yang berada di saluran telinga, dan lap menggunakan handuk secara perlahan.

  4. Kemungkinan kotoran telinga tidak akan keluar begitu saja, sehingga Anda perlu mengulangi proses ini sampai kotoran telinga benar-benar keluar. Namun, apabila Anda pernah melakukan operasi telinga, apalagi telinga sedang infeksi sebaiknya tidak menggunakan cara ini untuk membersihkannya. kamu jua perlu berhati-hati, lantaran metode ini bisa membuat kotoran yang telah melunak jadi masuk semakin dalam ke saluran telinga. Oleh sebab itu, kalau kotoran tidak kunjung berkurang, Anda bisa menanyakan ke dokter agar mendapatkan penanganan yang lebih lanjut.

  5. Apabila cara diatas kurang meyakinkan untuk, pergilah buat memeriksakannya ke dokter. Karena biasannya, dokter memiliki suction atau suatu alat sedot khusus yang digunakan buat membersihkan kotoran yang mengendap di telinga kamu. Cara lain yang mungkin di gunakan oleh dokter adalah melakukan irigasi telinga / mengalirkan air bertekanan ke saluran telinga supaya kotoran tersebut bisa di keluarkan.

  6. Kalau kotoran terus menumpuk di saluran telinga, untuk membersihkannya dokter akan merekomendasikan kamu menggunakan obat-obatan semacam Peroksida Karbamida. Apabila kamu ingin menggunakannya, kamu harus mendapatkan resep dokter terlebih dahulu. Lantaran obat ini dapat mengakibatkan iritasi gendang dan kulit yang berada di saluran telinga.
Harap untuk selalu diingat jika Anda mengalami gangguan pendengaran, timbul rasa nyeri pada telinga, pusing, gatal-gatal akut di telinga, saluran telinga mengeluarkan darah atau cairan, serta timbul bau yang tidak mengenakkan setelah membersihkannya. Langsung berkonsultasilah ke dokter THT agar diberika solusi yang baik.

Baca Juga :