Berikut 5 Fakta Seputar Ingus dan Upil yang Tidak Anda Ketahui

Kotoran yang terbentuk di saluran hidung atau biasa disebut dengan upil ini sering dipandang sebagai suatu hal yang menjijikan. Terlepas dari hal tersebut, tanpa disadari ternyata kita juga harus besyukur akan keberadaan upil ini.

Berikut 5 Fakta Seputar Ingus dan Upil yang Tidak Anda Sadari

Karena upil juga memiliki peran yang penting dalam menjaga sistem pertahanan tubuh kita. Oleh sebab itu, sebelum membencinya ada baiknya jika kamu mengetahui apa saja fakta-faktar unik seputar ingus dan upil yang tidak Anda sadari.

Fakta-Fakta Seputar Upil dan Ingus

Tuhan menciptakan suatu hal di dalam tubuh kita pastinya memiliki manfaat dan tujuan tertentu yang pastinya baik bagi tubuh, salah satunya yaitu upil ini. Kotoran yang umumnya akan di produksi pada saluran hidung tersebut, akan terlihat menjijikan bagi sebagian orang.

Jangan memandang sebelah mata tentang keberadaan upil ini, lantaran kamu belum mengetahui saja apa manfaat dari keberadaan kotoran itu, berikut adalah penjelasannya :

1. Berguna Melawan Alergi

Sistem pertahanan yang dimiliki oleh tubuh dalam melawan virus batuk pilek, ternyata juga berguna untuk melawan alergi. Pemicunya alergi bisa dari berbagai macam hal seperti debu, serbuk sari atau hal lain yang mampu memicu hidung membengkak sehingga produksi lendir jadi meningkat.

Gejala yang biasanya terjadi pada pembengkakan hidung ini atau biasa disebut dengan rinitis alergi adalah batuk sampai mengalami bersin-bersin. Keduanya terjadi dibarengi dengan timbulnya lendir dan upil. Kejadian ini merupakan proses pertahanan dari tubuh dalam membuang alergen.

2. Membantu Melawan Batuk Pilek

Ketika seseorang sedang mengalami batuk pilek, tubuh akan bereaksi secara otomatis melawan virus penyebab batuk pilek. Untuk itu biasanya produksi histamin yang dilakuakan oleh tubuh akan menjadi lebih banyak.

Senyawa itu mampu membuat selaput hidung jadi membengkak sehingga ingus yang di produksi-pun akan menjadi banyak. Oleh karena itu-lah, ingus dapat terasa lebih mengental.

Tubuh melakukan perlindungan ini agar infeksi yang terjadi tidak semakin merambat ke saluran napas bagian bawah. Maka dari itu, Anda tidak perlu bingung lagi jika hidung akan mengeluarkan upil ataupun ingus pada saat sedang mengalami batuk pilek.

3. Tanpa Disadari Setiap Hari Anda Menelan Ingus 

Mungkin selama ini Anda tidak atau mungkin belum menyadari bahwasannya setiap hari Anda menelan ingus. Ini dikarenakan ingus yang terus terdorong masuk ke belakang sampai tenggorokan oleh rambut-rambut halus di sistem pernapasan.

Hal ini-lah yang menyebabkan diri Anda secara otomtis akan menelan ingus sendiri. Seseorang biasanya akan berusaha batuk untuk mengeluarkan lendir ini dari paru-paru mereka, kemudian menelan ingusnya kembali.

Ini di lakukan oleh tubuh secara alami buat menghindari ingus menumpuk dan mencegah penyumbatan pada saluran pernapasan.

4. Sebagai Sistem Pertahanan Tubuh

Mungkin beberapa orang dari kalian pernah bertanya-tanya, bagaimana sih cara upil dapat terbentuk? Ini karena pada setiap harinya hidung akan memproduksi 2 liter ingus. Sedangkan beberapa fungsi utama dari ingus adalah :

Sebagai Tameng Pertahanan
Salah satu tugasnya adalah menjaga pembuluh darah serta jaringan yang terdapat di lubang atau saluran hidung dan sinus.
Sebagai Penyaring
Ingus juga berfungsi sebagai penyaring di lubang hidung. Yaitu menyaring debu, benda atau zat-zat yang ingin masuk ke hidung, termasuk bakteri ataupun virus.
Lubrikasi
Kegunaan lubrikasi ini sendiri ialah untuk menjaga hidung serta sinus tetap dalam keadaan lembab atau basah, dan mencegah terjadinya iritasi pada organ-organ tersebut.

5. Upil Berawal Dari Ingus

Pada dasarnya tubuh akan membiarkan ingus untuk bekerja dengan semestinya. Ketika ingus telah menangkap zat-zat yang hendak masuk.

Maka rambut-rambut halus yang terdapat pada saluran pernapasan akan mendorong ingus untuk masuk ke hidung. Hal ini apabila tidak di keringkan dengan segera maka dia akan mengering dan terbentuk-lah upil tadi.

BACA JUGA :

Walaupun upil tersebut memiliki peranan yang penting di dalam hidung, kamu tidak boleh menyepelekannya. Tetaplah jaga kebersihan hidung Anda, agar tetap sehat dan fungsinya-pun bisa berjalan dengan normal.