10 Gejala Penyakit Diabetes yang Sering Tidak Kamu Disadari

Gejala Penyakit Diabetes yang Jarang Diketahui Orang
Penyakit diabetes sumber | pixabay.com
Diabetes adalah salah satu penyakit yang sulit dideteksi gejala awalnya, hal ini lantaran gejala awal diabetes sering kali dianggap sebagai hal yang biasa. Misalnya sebacam berat badan menurun atau kebiasaan buang air kecil. 

Karena gejala awal yang tidak ditindak lanjuti inilah banyak penderita diabetes tidak sadar bahwa ia seharusnya telah menerima pengobatan. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui gejala apa saja yang terjadi diawal penyakit diabetes. Berikut ada beberapa gejala diabetes yang perlu kamu ketahui.

Tanda-Tanda Penyakit Diabetes

1. Berat Badan Turun Signifikan

Berat badan yang turun tanpa sebab sebaiknya tidak membuat Anda merasa senang terlebih dahulu, pasalnya berat badan bisa turun itu bisa disebabkan oleh hal-hal tertentu misalnya diet atau olahraga khusus. Sementara berat badan yang turun tanpa sebab justru harus dicurigai lantaran bisa saja menjadi tanda atau gejala diabetes tipe 1.

2. Terlalu Sering Buang Air Kecil

Sering buang air kecil atau rutinitas buang air kecil yang sudah tidak wajar, hal ini harus Anda perhatikan karena buang air kecil yang terlalu sering bisa jadi adalah gejala awal bahwa seseorang telah mengidap diabetes. Dalam dunia medis kondisi penderita yang terlalu sering buang air kecil biasa disebut dengan poliuria.

3. Seringnya Haus yang Tidak Wajar

Mengonsumsi cairan memang bagus bagi tubuh, namun apabila Anda selalu merasa haus tanpa sebab yang jelas sepanjang hari ini harus diwaspadai. Lantaran rasa haus yang muncul terus-menerus merupakan akibat dari tubuh yang kehilangan air. Kasus ini bisa disebabkan oleh poliuria tadi sehingga seseorang sangat membutuhkan cairan tubuh dan merasakan haus.

4. Penglihatan yang Berkurang

Penyakit diabetes mampu terjadi lantaran kadar glukosa didalam darah meningkat, salah satu gejala yang muncul adalah ketika penglihatan terasa semakin kabur. Glukosa tersebut akan menumpuk diarea sekitar mata yang mengakibatkan pengelihatan menjadi tidak jelas.

5. Kulit yang Menggelap Dibagian Tertentu

Anda perlu mewaspadai jika bintik-bintik gelap mulai bermunculan diarea kulit, biasanya bintik-bintik ini akan muncul didaerah sekitar leher. Bintik yang muncul dalam perubahan warna kulit ini bisa menjadi indikasi dari penyakit diabetes. Hal ini karena tubuh merespon insulin yang menghasilkan lebih banyak pigmen dan mengakibatkan beberapa bagian dari kulit menjadi lebih gelap.

6. Jadi Mudah Lelah

Kelelahan yang dirasakan tubuh Anda erat kaitannya dengan produksi insulin dan sistem glukosa didalam tubuh. Ketika kadar glukosa didalam tubuh tinggi, sementara produksi insulin tidak mencukupi tubuh, maka badan tidak akan mendapatkan asupan energi yang cukup. Hal tersebut bisa membuat otot-otot tubuh kamu kekurangan energi dan Anda juga menjadi lebih cepat lelah meski tidak melakukan aktivitas apapun yang berlebih.

7. Sering Merasa Lapar

Sering merasa lapar juga menjadi salah satu kecenderungan seseorang menderita diabetes, Hal ini terjadi karena kadar insulin yang membuat Kalian merasa lebih mudah lapar meski sudah makan banyak dari pada biasanya. Di dalam medis kejadian semacam ini sering desebut dengan polifagia.

8. Butuh Waktu Lama Dalam Penyembuhan Luka

Ketika luka ditubuh Anda sulit untuk disembuhkan atau membutuhkan waktu yang lama buat menghilangkannya Anda harus waspada. Karena luka yang terbilang sulit sembuh adalah salah satu dari gejala penyakit diabetes. Bahkan bagi pasien diabetes, luka yang terjadi diarea tubuh sering kali cepat memburuk bahkan menimbulkan infeksi.

9. Sering Mengalami Infeksi Vagina dan Saluran Kemih

Ketika glukosa melebihi batasan tertentu didalam tubuh, ini bisa mengakibatkan kamu mengalami infeksi secara berkala. Infeksi biasanya sering timbul pada bagian vagina atau saluran kandung kemih.

10. Kaki Menjadi Mati Rasa

Indikasi dari gejala diabetes yang patut diwaspadai adalah menurunnya fungsi saraf yang menyebabkan hilangnya sensasi sakit pada tungkai kaki atau yang biasa disebut dengan kesemutan. Sebaiknya Anda jangan menganggap enteng ketika kaki sering mengalami kesemutan atau bahkan mati rasa walaupun telah ditusuk jarum. 

Hal tersebut bisa saja menunjukkna bahwa saraf-saraf kaki kamu suda mulai kehilangan fungsinya karena terserang penyakit diabetes.

Baca Juga : Kenali 7 Jenis Kegiatan Penyebab Gula Darah Tinggi