Bibir memang menjadi salah satu dari bagian tubuh yang sangat unik, mengapa? Hal ini lantaran tubuh tidak melengkapi bibir dengan kelenjar minyak sehingga kelembabannya tidak terjaga. Pada bibir ada area yang bernama vermilion, diarea kulit tersebut, merupakan daerah yang memiliki banyak pembuluh darah di bandingkan dengan bagian kulit lainnya. Hal ini lah yang memungkinka bibir kamu tampak terlihat memerah secara alami.

Tips Memerahkan Bibir Secara Alami Dengan Mengikuti Langkah-Langkah Berikut Ini
Ilustrasi cara memerahkan bibir (sumber: pixabay.com)

Mungkin kamu belum menyadari bahwasannya jika bibir tidak dirawat dengan baik akan menyebabkan bibir menjadi kasar dan kering hingga pecah-pecah. Masalah sepeti ini mampu memicu bibir kamu jadi terlihat kusam.

Memiliki bibir yang merah merona tidak hanya menjadi dambaan para kaum hawa, namun beberapa pria juga ingin memilikinya. Dengan memerahkan bibir secara alami, dianggap akan menambah keindahan wajah seseorang. Maka dari itu, di bawah ini saya akan memberikan beberapa tips atau cara memerahkan bibir secara alami dan mudah untuk kamu terapkan di rumah.

Ini Cara Membuat Bibir Merah Secara Alami


Untuk memerahkan bibir merupakan suatau hal yang terbilang tidak terlalu sulit, oleh karenanya kamu bisa memerahkan bibir secara alami dengan mulai memerhatikan beberapa kegiatan ini, seperti:

1. Tidak menggigit bibir

Apabila kamu memang ingin memiliki bibir yang terlihat merah merona, saya menyarankan untuk menghindari kebiasaan menggigit bibir. Hal tersebut memang perlu kamu jauhi lantaran dapat menyebabkan bibir Anda jadi terluka ataupun berdarah. Yang akhirnya proses penyembuhan kulit diarea bibir malah jadi terhambat.

2. Hindari kebiasaan merokok

Berikutnya adalah rokok, kalau kamu memang sungguh ingin mempunyai bibir yang merah merona terutama laki-laki berhentilah buat merokok mulai dari sekarang. Karena banyak penelitian yang mengatakan, bahwasannya rokok memiliki kandungan yang buruk bagi kesehatan kulit, dan tentunya termasuk juga kulit bibir.

Mungkin apabila kamu adalah seorang perokok pasif kamu tidak tidak akan menghiraukan masalah ini. Namun yang juga perlu kamu ketahui disini yaitu ternyata merokok juga dapat mempercepat penuaan dini. Seperti lebih cepat mengalami keriput dari pada mereka yang tidak merokok. Seseorang yang melakukan kegiatan merokok, akan membuat tubuh jadi lebih mudah menghilangkan kolagen dan mempermudah perusakan kulit.

Mungkin hampir semua perokok telah menyadari bahwasannya bibir mereka akan terlihat menghitam apabila sering merokok. Bibir yang menghitam ini disebabkan oleh produksi melanin yang meningkat karena merokok. Maka dari itu, dengan cara menghindari rokok dari sekarang, dapat membantuk kamu membuat bibir jadi merah merona alami.

3. Teratur dalam mengonsumsi air

Salah satu kunci utama untuk menjaga kesehatan bibir adalah dengan teratur mengonsumsi air putih. Agar menjaga tubuh Anda tetap cukup asupan air, Anda disarankan untuk selalu membawa air saat kamu bepergian. Tubuh manusia membutuhkan 2-3 liter air agar tubuh termasuk kulit serta bibir tetap terhidrasi dengan baik.

Baca juga: Ketahui Manfaat Minum Air Hangat di Pagi Hari Untuk Kesehatan.

5. Hindari bibir dari sengatan sinar matahari

Sering kali orang tidak menyadari, bahwasannya sering terpapar sinar matahari akan sangat berpengaruh pada kualitas warna kulit, dan tentu saja juga termasuk kulit bibir kamu. Untuk tetap menjaganya, kamu bisa menggunakan lip balm. Supaya bibir mendapatkan perlindungan yang maksimal. Anda bisa menggunakan lip balm yang memang di khususkan sebagai tabir surya, paling tidak di dalam-nya terkandung SPF 15.

6. Jangan biarkan bibir sampai pecah-pecah

Seperti yang telah disebutkan tadi, bibir yang kering maupun pacah-pecah selain bisa menyebabkan rasa sakit, tanpa kamu sadari hal tersebut juga akan membuat bibir jadi terlihat kusam. Menerapkah hal diatas berguna buat mencegah atau pun mengobati bibir pecah-pecah. Apabila bibir kamu memerlukan pelembab alami tambahan, kamu bisa menggunakan beberapa bahan lain semisal minyak kelapa, petroleum jelly, serta cocoa butter agar bibir terlihat lembab dan segar alami di sepanjang hari.

Baca Juga: 7 Cara Mengatasi Bibir Hitam dan Kering Dengan Mudah Untuk Anda Terapkan.

Baiklah, semoga kamu telah mengerti dengan melakukan cara-cara di atas bisa menjadi salah satu alternatif alami buat memerahkan bibir kamu. Apalagi buat kamu yang mungkin memiliki alergi terhadap bahan-bahan yang terkandung pada produk kosmetik. Kalau masalah pada bibir seperti kering dan kusam terus terjadi, padahal kamu sudah menjaga kelembaban bibir dengan baik. Anda bisa mengonsultasikan diri kedokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.