Beberapa orang sering mengeluh karena memiliki bibir yang berwarna gelap atau hitam, terutama para wanita yang berpendapat ini akan mengganggu penampilan mereka. Untuk menghilangkannya Anda perlu menerapkan cara yang efektif dan tentunya aman untuk cara mengatasi bibir hitam dan kering agar kesehatan bibir kamu tetap terjaga.

Ada cara untuk menghilangkannya dan tidak membutuhkan waktu yang lama seperti menggunakan lipstik berwarna merah ataupun pink. Akan tetapi, bibir yang dapat terlihat cerah ini akan akan bertahan sebentar. Lantaran ketika lipstik menghilang dari bibir, warna gelap atau hitam di bibir kamu bisa tampak kembali.

7 Cara Mengatasi Bibir Hitam dan Kering Dengan Mudah Untuk Anda Terapkan

Bagian tubuh ini ternyata mempunyai pembuluh darah, yang bisa saja terlihat di karenakan tipisnya lapisan kulit bibir. Hal ini lah, yang bisa membuat bibir kamu jadi terlihat memerah, selain itu, kelenjar minyak dan kelenjar keringat yang biasanya ada pada beberapa bagian tubuh ini tidak di miliki oleh bibir. Karena itu, ini dapat menyebabkan bibir menjadi rentan untuk pecah-pecah serta kering.

Cara Menghilangkan dan Mencegah Bibir Hitam Secara Alami


1. Tidak Menjilat Maupun Menggigit Bibir

Apabial Anda adalah orang yang termasuk rajin menggigit maupun menjilat bibir, Anda harus segera menghentikan kebiasaan ini. Lantaran dianggap mampu membuat bibir kamu jadi terlihat menghitam. Maka dari itu, cobalah untuk menghilangkan kebiasaan ini mulai dari sekarang agar bibir kembali merah merona.

2. Hindari Pancaran Sinar Matahari

Bibir akan berisiko terlihat lebih gelap apabila kamu sering sekali terpapar cahaya sinar matahari. Karena mungkin kamu tidak menyadari bahwasannya sinar matahari itu mampu membakar dan mengakibatkan bibir menjadi kering, yang berpotensi membuat bibir terlihat lebih suram.

Jadi, buat mencegahnya kamu bisa menggunakan tabir surya untuk di oleskan kebibir. Kamu bisa memperoleh manfaat tabir surya ini dari lip balm yang tentu saja mengandung SPF 30 ataupun lebih

3. Memijat Area Bibir

Selain melakukan 2 cara diatas, ternyata menghilangkan warna gelap pada bibir juga bisa di lakukan dengan cara memijatnya. Dengan kamu memijat bagian tubuh ini kemungkinan akan memperkuat aliran darah sehingga membuat bibir kalian jadi tampak merah. Supaya efektif, pada saat memijat kamu bisa menggunakan bantuan es batu atau minyak almond.

4. Membersihkan Sel Kulit Mati di Bibir

Cara lain yang bisa Anda aplikasikan untuk menghilangkan efek menghitam di bibir adalah membuang sel kulit mati di sana. Supaya mempermudah kamu saat mengelupasnya, gunakanlah campuran gula dan madu, lalu oleskan secara merata ke permukaan bibir dengan menggosoknya lembut di sertai gerakan memutar. Saat kamu melakukan hal ini, akan terjadi rangsangan di bibir  yaitu memproduksi kolagen baru serta memperlambat penuaan bibir kamu.

5. Tidak Merokok

Banyak orang yang tidak menyadari selain membuat bibir jadi memiliki kerutan bergaris, ternyata dengan terlalu sering kamu melakukan kegiatan merokok mampu menyebabkan bibir tampak lebih gelap. Ini di sebabkan, lantaran panas yang di hasilkan sewaktu menghisap rokok berisiko membakar lapisan kulit bibir.

Ketika hal ini sedang berlangsung, dampaknya akan mengakibatkan bibir terluka serta memicu pigmentasi di kulit bibir kamu. yang pada akhirnya nanti, membuatnya jadi terlihat berwarna kehitaman.

6. Tidak Minum-Minuman Berkafein

Perlu kamu ketahui memang banyak hal yang mampu membuat bibir seseorang menjadi terlihat lebih gelap. Ternyata selain beberapa penjelasan diatas, dengan kamu mengonsumsi minuman yang masih panas serta mengandung kafein, seperti kopi maupun teh. Minuman ini tidak di sangka sebagian orang akan berefek pada perubahan warna kulit bibir menjadi hitam. Oleh sebab itu, dengan kamu mengurangi minuman seperti ini dalam asupan kamu, dapat membantu bibir tampak merah kembali.

7. Membaca Terlebih Dahulu Apa yang Terkandung di Dalam Lipstik

Sebelum kamu memilih untuk membeli suatu produk lipstik, disarankan agar kamu membaca terlebih dahulu kandungan yang tercantum pada label kemasannya. Jangan mengambil lipstik yang di dalamnya terkandung isopalmityl diglyceryl, sebacate, asam lemak dipentaerythritol, tar batu bara, serta asam ricinoleic. Sebab, karena di takutkan kandungan bahan-bahan ini bisa memicu alergi bibir yang akhirnya berubah menjadi gelap.

Baca Juga: Tips Memerahkan Bibir Secara Alami Dengan Mengikuti Langkah-Langkah Berikut Ini.

Baiklah, kamu bisa menerapkan beberapa cara dari penjelasan diatas untuk memperoleh hasil bibir yang merah merona. Apabila kamu mempunyai kebiasaan buruk yang bisa saja berpengaruh pada kualitas bibir. Akan lebih baik jika kamu hentikan, supaya bibir bisa kembali ke warna dasarnya. Kalau memang di perlukan, kamu bisa mendatangi dokter terkait agar mendapatkan saran lebih lanjut.