Mungkin kamu telah mengetahui ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi jerawat, salah satunya adalah dengan menggunakan salep. Salep merupakan salah satu jenis obat jerawat yang paling banyak di gunakan orang. Maka dari itu, dengan memilih salep jerawat paling ampuh dan tepat, ini akan membantu Anda untuk mengatasi jerawat dengan mudah.

Kenali 4 Salep Jerawat Paling Ampuh Untuk Anda Gunakan
Ilustrasi jerawat (sumber: pixabay.com)

Sebelum memilih selep yang tepat buat kamu gunakan, cobalah untuk memahami isi yang terkandung di dalam salep sebelum menentukan untuk memilihnya. Seperti yang telah kita ketahui, mungkin hampir semua orang pernah merasakan timbul jerawat di wajah atau pada area tubuh lainnya.

Jerawat tidak hanya akan muncul pada remaja yang baru mengalami masa pubertas, akan tetapi orang dewasa tidak jarang juga masih berurusan dengan jerawat yang membandel ini. Namun, mereka tidak perlu khawatir lagi lantaran saat ini sudah banyak cara yang bisa digunakan untuk menghilangkannya, seperti menggunakan salep, gel, krim maupun lainnya.

Cari Tahu Kandungan Salep Jerawat Sebelum Memilihnya


Cari tahu kandungan dari beberapa salep jerawat di bawah, sebelum menentukan untuk membelinya agar kamu tidak salah pilih dan juga tidak membuat kondisi jerawat semakin memburuk :

1. Antibiotik

Antibiotik yang terkandung di dalam salep di kenal ampuh mengatasi jumlah bakteri yang berlebih dan meredakan peradangan yang terjadi pada kulit. Namun, salep ini akan kurang ampuh jika digunakan untuk mengangkat suatu zat yang menyumbat pori-pori kulit.

Salep ini biasanya diproduksi dengan menggabungkan bahan semacam benzoyl peroxide atau retinoid yang di bersama antibiotik, yang berguna untuk mengatasi jerawat.

2. Salicylic acid

Salicylic acid atau juga biasa disebut dengan asam salisilit berguna sebagai pembersih pori-pori kulit kamu dari zat-zat yang ingin menyumbat. Cara kerja salep ini bisa membuat kulit jadi terkelupas, sehingga bisa saja membuat kulit beruba menjadi kemerahan, lebih kering, dan jadi sensitf jika terkena sinar matahari.

3. Retinoid

Sebuah salep yang didalamnya terkandung retinoid berkhasiat sebagai bahan buat membuang sel kulit mati. Selain itu, bahan tersebut mampu mecegah sampah atau kotoran agar tidak mengendap di pori-pori.

Efek dari penggunaan salep ini biasanya akan mengakibatkan kulit kamu menjadi iritasi ringan hingga kulit seperti terasa perih. Cara penggunaan salep ini umumnya adalah 10-20 menit setelah membersihkan wajah, dan diaplikasikan 1X/sehari menjelang tidur.

Biasanya salep dengan bahan semacam ini baru menunjukkan hasil setelah 6 minggu pemakaian, selama masa penggunaanya kamu disarankan agar tidak terpapar sinar matahari secara berlebih.

4. Azelaic acid

Bila akibat pemakaian dari retinoid dan benzoyl peroxide tadi tidak dapat kamu tahan atau sangat tidak nyaman saat digunakan. Anda bisa mencoba salep azalaic acid ini, biasanya orang menggunakan salep ini apabila efek samping dari obat yang mereka gunakan tidak tertahankan. Kegunaanya sendiri tidak jauh berbeda dengan salep yang telah di sebutkan diatas, yaitu bakal menyingkirkan sel-sel kulit mati dan bekteri jahat. Hanya saja, hasilnya baru akan terlihat setelah memanfaatkannya kurang lebih selama satu bulan.

Baca Juga:

Pada dasarnya salep ini digunakan 2x/hari, tapi apabila kamu memilki jenis kulit yang sensitif kamu bisa menggunakannya cukup 1x dalam sehari. Dan jangan lupa, dalam masa penggunaan salep, hindarkan diri dari paparan sinar matahari. Selai itu, kamu juga perlu berhati-hati terhadap risiko kulit yang mungkin saja akan mengalami perih, gatal, kering, dan menjadi kemerahan, terimakasih.