Apa yang Menyebabkan Hidung Terasa Berair Ketika Seseorang Menangis?

Apa yang Menyebabkan Hidung Terasa Berair Ketika Seseorang Menangis?

Ketika kamu sedang mengalami masalah pilek atau flu hidung akan sangat wajar jika berair. Namun, mungkin Anda pernah bertanya-tanya apa yang menyebabkan hidung dapat berair saat sedang menangis. Cairan yang akan di keluarkan oleh hidung jumlahnya tidak menentu bisa sedikit jua bisa banyak, seperti ingus yang keluar saat kamu sedang pilek. Lalu, Apa sih sebenarnya yang menyebabkan air dapat keluar dari hidung saat menangis?

Penyebab Hidung Berair Ketika Menangis

Ada berbagai macam situasi ataupun sebab yang mampu memicu seseorang menangis. Bisa saja ketika orang tersebut sedang merasa sakit, kesal, senang atau apapun itu. Akan tetapi, ada sesuatu yang sama dari hal-hal ini. Yaitu, maupun Anda menyadarinya atau tidak sewaktu menangia hidung akan terasa basah atau seperti ada yang mengalir.

Cairan dari hidung ini dapat keluar dalam jumlah yang sedikit, bahkan banyak semacam Anda sedang terjangkit flu / pilek. Mungkin lantaran terlalu banyak dan terus saja mengalir keluar Anda akan menariknya kembali masuk ke dalam hidung, dan ini bisa saja terjadi berulang-ulang.

Jumlah cairan yang di keluarkan hidung ini terkadang dipengaruhi oleh seberapa besar tangisan yang kamu rasakan. Misalnya saja, ketika kamu menangis dan hanya mengeluarkan tetesan-tetesan air mata, cairan yang akan di keluarkan hidung pun tidak akan terlalu banyak, bahkan tidak kelur sedikit pun.

Tapi, apabila tangisan yang kamu alami sampai tersedu-sedu, maka umumnya hidung akan terasa sangat berair, hingga cairan dapat di sedot masuk berulang kali semacam flu yang tidak nyaman. Mungkin saja, kamu sedang mencari tahu kok bisa hidung juga ikut berair sewaktu menangis? Sebenarnya ketika kamu sedang dalam kondisi menangis, air yang di produksi tidak hanya akan keluar dari mata. Namun, air pun ikut masuk ke dalam kelopak mata bawah.

Barangkali kalian belum mengetahui, bahwasannya pada kelopak mata bagian bawah terdapat suatu saluran yang terhubung dengan hidung kita langsung. Saluran ini biasa disebut dengan duktus nasolakrimal atau saluran nasolarikmal. Tepatnya berada di sisi ujung mata yang letaknya dekat dengan hidung.

Maka dari itu, sebagian air akan di keluarkan mata dan mengalir kepipi, yang sebagiannya lagi di masukkan kedalam duktus nasolakrimal tadi, untuk di kirim ke rongga hidung. Ketika sudah sampai dan masuk ke dalam hidung, air mata ini akan bercampur dengan lendir serta za-zat lain yang berada di hidung Anda, dan barulah cairan akan mengalir untuk selanjutnya mencoba keluar dari hidung.

Hal ini, yang mampu memicu hidung Anda terasa seperti sedang ingusan ketika menangis. Hanya saja pada dasarnya cairan ini tetaplah air mata, bukan ingus yang sebagaimana kamu sedang flu. Memang mungkin Akan terasa kental, lantara telah tercampur oleh lendir dan zat yang berada di hidung.

Cara Membuat Hidung Berhenti Mengeluarkan air Saat Menangis

Kenyataanya, hidung seseorang yang berair dapat sembuh dengan sendirinya ketika orang tersebut sudah mulai menghentikan tangisannya. Akan tetapi, Kalau kamu memang ingin menghentikannya sendiri atau mungkin saja air masih terus mengalir padahal kamu sudah berhenti menangis. Berikut ini ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan buat menghentikannya, yakni :
1. Mengonsumsi Air Putih Dengan Cukup.

Apabila tubuh kamu telah tercukupi dengan baik asupan cairannya, ini bisa membantu kamu mengurangi jumlah produksi lendir. Sehingga ketika hidung sedang berair, proses pengeringannya akan menjadi lebih cepat.

2. Mandi Mamakai Air Hangat.

Uap yang dihasilkan dari air hangat mampu membantu untuk mengering lendir, yang menyebabkan hidung kamu berair ini.

3. Memakai Uap Air Hangat.

Untuk menerapkannya kamu cukup menggunakan air hangat yang telah di siapkan di dalam baskom. Selanjutnya arahkan wajah Anda ke baskom kalo bisa dengan jarak yang cukup dekat, dan hiruplah uap hangat yang di hasilkan air tersebut dengan perlahan.

4. Minum Teh yang Masih Hangat.

Mungkin ini adalah Cara yang paling mudah di terapka sebagian orang. Selain bisa meredakan ingus pada saat flu atau pilek, ternyata mengonsumsi teh yang masih hangat juga ampuh meredakan cairan di hidung, yang di hasilkan saat kamu sedang menangis.