Dengan rasanya yang manis serta asam dan teksturnya enak untuk di kunyah, membuat mangga menjadi salah satu buah idaman banyak orang. Buah ini biasanya juga nikmat jika di konsumsi sebagai rujak. apabila kamu adalah seorang penikmat buah mangga atau ingin mencari tahu apa saja sih khasiat atau manfaat buah mangga bagi kesehatan. Di bawah ini adalah penjelasannya.

Ini 7 Khasiat Buah Mangga yang Jarang Diketahui Oleh Banyak Orang

Apa Saja yang Terkandung di Dalam Mangga

Kandungan buah mangga memiliki banyak manfaat baik bagi tubuh, lalu apa saja yang terkandung di dalam buah tersebut. Diantaranya yaitu :

  • Kalori
  • Lemak
  • Protein
  • Gula
  • Serat
  • Karbohidrat
  • Vitamin C, K, A, B-6
  • Kalium
  • folat

Tidak hanya itu saja buah yang memiliki banyak jenisnya ini juga mengandung zat besi, antioksidan, kalium, copper (tembaga).

Berbagai Manfaat Buah Mangga untuk Kesehatan

1. Menurunkan Berat Badan

Kalau kamu mengonsumsi buah mangga dengan porsi yang mencukupi atau tidak berlebihan, itu akan membantu untuk menurunkan berat badan mereka. Lantaran kulit buah mangga yang kuning terdapat zat fitokimia yang jua bermanfaat sebagai pembasmi lemak alami tubuh.

Dagingnya sendiri kaya akan serat, yang jika kamu kansumsi dapat membuat rasa kenyang yang lebih lama. Itulah mengapa ketika Anda memakan buah ataupun sayuran yang mengandung serat tinggi, perasaan lapar kamu menjadi berkurang.

Karena hal inilah, kamu yang ingin menurunkan berat badan di sarankan mengonsumsi makanan yang berserat tinggi, agar terhindar dari makan berlebih nan berisiko menambah berat badan.

2. Menjaga Kesehatan Kulit dan Rambut Anda

Ada sebuah penelitian, menunjukkan bahwasannya seseorang yang kekurangan vitamin A mampu memicu rambut mereka menjadi lebih mudah rontok. Ini di karenakan jaringan epitel yang terdapat di kulit dan rambut memerlukan vitamin A untuk menjaganya tetap sehat dan lembab.

Tidak hanya itu, apabila mengonsumsi seporsi buah ini dengan rutin akan membantu tubuh kamu mencukupi viamin C sekitar 75 persen.

BACA JUGA: Ketahui Cara Mencerahkan Kulit Dengan Treatment yang Efektif.

Kombinasi antaran dua vitamin yang telah di sebutkan tadi yaitu vitamin A dan vitamin C memang di perlukan tubuh bakal memroduksi kolagen. Kolagen merupakan zat protein khusus yang berguna mencegah keriput, dan pengenduran kulit dini, serta menjaga elastisitasnya.

3. Memelihara Kesehatan Mata

Antioksidan dapat terbagi dalam berbagai jenis, diantaranya yaitu zeaxanthin dan lutein. Nah, antioksida ini-lah yang paling banyak diketemukan dalam buah mangga. Di ketahui kedua zat tersebut mampu menjaga kesehatan fungsi lensa mata dan retina.

Seseorang yang memiliki retina dan lensa mata yang berfungsi dengan baik dapat membantu pengelihatan mereka menjadi lebih tajam, efek silau yang terjadi di mata menjadi berkurang, serta waktu pemulihan mata setelah melihat cahaya yang terang jadi lebih cepat.

Zat-zat yang telah di sebutkan tadi akan bekerja melindungi mata dari bahaya sinar UV, katarak yang ingin berkembang jadi di perlambat, dan menghindarkan dari degenerasi makula yang berbahaya.

4. Dapat Mencegah Sakit Jantung

Serat, vitamin, serta kalium yang terkandung di dalam buah mangga sudah terkenal dapat mencegah penyakit, diantaranya adalah penyait jantung. Maka dari itu cukupilah dalam mengonsumsi buah ini dalam 1 hari. Lantaran berguna untuk menghindari risiko terkena penyakit jantung.

BACA JUGA: 6 Gejala Penyakit Jantung yang Perlu Anda Ketahui.

5. Menghalangi Perkembangan Kanker

Suatu penelitan yang pernah di lakukan menunjukkan bahwasannya ekstrak polifenol yang di hasilkan buah mangga bisa menghalangi perkembangan sel kanker seperti pada payudara, jaringan prostat, paru-paru, usus besar, dan leukimia. Mangga memang di kenal ampuh mengatasi risiko kanker usus besar dan payudara.

Ternyata pada kulit mangga terkandung antioksidan yang juga berfungsi mencegah kanker. Penelitan yang pernah di lakukan di malaysia menunjukkan bahwasannya di dalam kulit mangga terkandung zat-zat yakni :

  • Vitamin C, E
  • Karotenoid
  • Serat makanan
  • Senyawa aktif
  • Polifenol
  • dan senyawa lain

Kandungannya di percaya lebih ampuh sebagai terapi antikanker dibanding dengan buahnya.

6. Membantu Menurunkan Tekanan Darah

Kita semua mungkin telah mengetahui bahwa salah satu penyebab dari gula darah yang melonjak adalah dari terlalu seringnya mengonsumsi makan-makanan yang manis. Perlu kamu ketahui, ada tim peneliti yang pernah mengamati efek buah mangga bagi orang yang memiliki berat badan lebih.

Ternyata berat badan mereka mampu turun secara drastis, di banding sebelum mereka mengonsumsinya, penelitan ini sendiri di laksanakan oleh Oklahoma State University. Jika ingin menerapkannya, Anda di sarankan supaya rutin memakan (10 gr) buah mangga kering di setiap harinya.

BACA JUGA: Tekanan Darah Tinggi / Hipertensi | Ketahui Macam, Penyebab, dan Cara Menurunkannya.

Anda jua harus memerhatikan kandunga gula di dalam buah mangga tersebut bisa setara dengan setengahnya mangga segar. Diduga efek kadar gula darah yang bisa menurun di sebabkan oleh senyawa aktif beserta antioksidan khusus pada buah ini.

7. Menyembuhkan Sembelit

Mengonsumsi buah mangga ternyata lebih berguna mengatasi sembelit daripada makanan berserat semacam gandum. Ini di ketahui dari sebuah studi yang telah meneliti seorang penderita sembelit kronis.

BACA JUGA: 4 Cara Mengatasi Sembelit Dengan Mengonsumsi Makanan Sehari-Hari.