Apakah Anda pernah berharapa dapat mengecilkan pori-pori wajah yang kini semakin terlihat membesar. Seperti pada dahi, dan dagu yang mungkin sangat mengganggun penampilan Anda. Banyak orang telah menerapkan berbagai cara agar mendapatkan wajah mulus mereka kembali.

Pori-Pori Wajah Anda Membesar? Cari Tahu Cara Mengecilkannya Berikut Ini
Ilustrasi cara mengecilkan pori-pori besar (sumber: pixabay.com)

Walaupun begitu Anda juga perlu mengetahui, bahwa kenyataanya pori-pori tidak bisa di hilangkan sepenuhnya agar tetap menjaga keseimbangan tubuh. Mungkin kamu pernah mendengar tentang kotoran yang menyumbat pori-pori. Ini adalah reaksi alami dari tubuh kalian dalam membuang racun tubuh.

Tapi, dengan begitu bukan berarti anda harus membiarkannya sampi tersumbat begitu lama. Bersihkan-lah pori secara teratur agar wajah kamu terhindar dari bintik-bintik yang bisa mengganggu penampilan.

Buat membersihkannya Anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang banyak. Dibawah ini saya akan memberitahukan beberapa cara yang bisa Anda aplikasikan untuk mengecilkan pori-pori wajah.

Cara Mudah Mengecilkan Pori-Pori di Wajah

1. Gunakan Pembersih yang Cocok Dengan Kulit Wajah Anda

Jika kamu memiliki jenis kulit yang cenderung berminyak dan berpori besar, usahakan-lah buat memilih pembersih wajah berbasis gel. Namun, kalau kulit Anda normal tapi kering carilah pembersih muka yang bertekstur krim.

Lalu, Anda disarankan agar menghindari pembersih yang mengandung scrub ataupun sabun. Ini lantaran 2 zat tersebut mampu membuat pori-pori malah semakin terlihat membesar.

2. Menggunakan Tabir Surya

Pancaran dari sinar UVA maupun UVB akan sangat berpengaruh pada kerusakan kulit, misalnya saja dapat meningkatkan risiko terkena kanker. Tidak hanya itu saja, akan tetapi juga mampu membuat kulit menjadi terlihat keriput serta membikin pori-pori jadi membesar.

Untuk mencegah hal ini terjadi kamu disarankan buat menggunakan tabir surya paling tidak 15 meit sebelum beraktivitas ke luar ruangan. Kalian bisa memilih produk tabir surya yang di dalamnya terkandung SPF minimal 30.

3. Menyimpan Produk Perawatan Kulit di Tempat Sejuk

Mungkin kamu pernah bertanya-tanya kenapa saat berada pada suhu yang dingin tubuh terasa mengerut. Hal ini Dapat terjadi lantaran pembuluh darah yang mengalami penyusutan, sehingga juga akan mempengaruhi pori jadi mengecil.

Maka dari itu, Anda bisa menyimpan makeup atau pun pelembab yang bentuknya cair di kulkas agar sensasi segar di wajah dapat bertahan lebih lama.

4. Hindari Tidur Menggunakan Makeup

Jika Anda adalah salah satu dari sekian banyak orang yang malas membersihkan makeup saat menjelang tidur, Anda harus berhati-hati. Lantaran ketika kamu sedang tidur dan makeup masih melekat di kulit, ini mampu membuat kotoran, bakteri, serta minyak menumpuk di wajah yang akhirnya dapat memicu pori-pori tersumbat.

Sehingga di keesokan harinya saat Anda terbangung dari tidur, pori akan terlihat semakin membesar. Jadi setelah kamu beraktivitas atau selelah apapun kamu, usahakanlah mencuci wajah serta membersihkan makeup hingga benar-benar clear.

5. Beri Ruang atau Waktu untuk Pori-Pori Bernapas

Kalau kamu adalah seseorang yang rutin sekali menggunakan pelembab, sabun, atau foundation berat, ini malah akan menyebabkan wajah semakin berminyak dan pori jadi meradang serta terlihat membesar.

Oleh sebab itu, gunakanlah makeup seperlunya saja. Dan jika Anda sedang berada di dalam rumah seharian penuh, usahakan untuk tidak menggunakan makeup sama sekali. Kamu perlu tahu, untuk menghilangkan makeup tidak cukup hanya menggunakan pembersih wajah di malam hari saja.

Namun, ketika hendak berolahraga hendaklah mencuci wajah terlebih dahulu agar makeup tidak menyumbat pori-pori kamu ketika sedang dalam kondisi berkeringat.

Dengan Anda meluangkan ruang untuk kulit bisa bernapas tanpa di halangi makeup atau foundation apapun itu. Ini dapat membantu kulit jadi mudah membuang kotoran secara alami tanpa terhalang suatu zat pengganggu.

6. Eksofoliasi

Pengelupasan atau dengan nama lain eksofoliasi ini adalah kunci utama dari perawatan wajah untuk menangkal segala penyakit yang hendak menyerang kulit dan tentunya juga pori-pori. Ketika kamu ingin memilih dan membeli produk exfoliator, pilih-lah produk yang mempunyai tekstur lembut dan semacam butiran pasir.

Jenis produk tersebut mampu mengurangi produksi minyak dan tentunya dapat menjangkau pori-pori, yang hasilnya bisa mencegah pori jadi membesar. Dengan bahanya yang lembut di kulit, maka jika di gunakan bisa mengangkat sel kulit mati beserta kotorannya.

BACA JUGA :

Walaupun cara ini terbilang baik di gunakan untuk kulit, dalam pemakaiannya tidak boleh terlalu sering atau setiap hari memakainya. Kamu cukup memakainya 2 kali dalam seminggu atau selama sebulan lakukan-lah hanya beberapa kali saja.