Walaupun bau mulut bukan masalah yang serius, namun masalah ini bisa saja menyebabkan seseorang menjadi kurang percaya diri karena bau mulut yang dapat mengganggu orang lain. Jika kamu mengalami penyakit tersebut, tidak ada salahnya apabila memahami lebih lanjut tentang bagaimana cara menghilangkan bau mulut untuk mengembalikan kepercayaan diri kamu.

Bagaimana Cara Menghilangkan Bau Mulut? Penyebab, Cara Mengatasinya
Cara menghilangkan bau mulut (sumber : pixabay.com)

Halitosis atau umumnya sering desebut dengan bau nafas ini bisa di picu oleh berbagai macam sebab. Akan tetapi, ada studi yang menunjukkan bahwasannya 80 persen orang yang mengalami bau mulut di sebabkan oleh masalah gigi ataupun mulut. Jadi, penting bagi kamu untuk selalu menjaga kesehatan gigi serta mulut. Lalu bagaimana cara menghilangkan bau mulut ini ? berikut adalah penjelasannya tentang penyebab dan cara mengatasinya.

Apa Penyebab Bau Mulut?

Perlu Anda ketahui bahwasannya bau mulut tidak hanya di sebabkan oleh penyakit gigi, gusi, ataupun mengonsumsi makanan yang tidak benar. Namun, beberapa kondisi tertentu juga dapat menjadi penyebab masalah bau nafas ini, seperti :

  • Gangguan di pencernaan: Gangguan pencernaan yang di maksud disini adalah semacam penyakit maag yang di sebabkan oleh peradangan bakteri H. pylori atau masalah lain seperti asam lambung.
  • Xerostomia: Merupakan masalah mulut kering yang dapat terjadi lantaran ada gangguan pada produksi air liur seseorang. Hal ini mampu terjadi akibat penumpukan suatu bakteri di rongga mulut Anda.
  • Masalah lainnya: Semisal terjadi gangguan pada saluran pernapasan, hati, ataupun perkara diabetes.

Selain yang telah di sebutkan diatas, ternyata bau mulut juga bisa di sebabkan oleh masalah-masalah lain semisal merokok, makanan serta minuman, kurang telaten dalam menjaga kebersihan mulut, atau melakukan suatu diet yang tidak benar sehingga menyebabkan Anda kurang asupan karbohidrat.

Cara Mengatasi Bau Mulut

Anda sudah merasa membersihkan mulut dan gigi dengan benar, namun bau mulut juga tidak kunjung hilang! Kalian tidak perlu risau, di bawah ini ada beberapa cara yang bisa di coba untuk mengatasi bau mulut berikut ini :
  1. Telaten meperhatikan kesehatan gigi, seperti memerikskannya ke dokter paling tidak lakukanlah sekali dalam 6 bulan.
  2. Jauhi rokok serta tidak mengonsumsi kopi secara berlebih.
  3. Hindari minuman beralkohol.
  4. Teratur dalam membersihkan gigi, yaitu sikat gigi Anda 2X/hari.
  5. Ganti sikat gigi, paling tidak 2 bulan setelah masa pemakaian.
  6. Minum air saat kamu bangun dari tidur, serta ketika menggosok gigi bersihkanlah juga bagian lidah untu menghilangkan bau mulut kamu.
  7. Kamu jua bisa mengunyah permenkaret rendah gula.
  8. Rutin atau cukupi asupan air putih kamu, hal ini berguna agar bakteri maupun kotoran yang mengendap di mulut segera menghilang.
  9. Apabila Anda adalah pengguna gigi palsu, rutinlah untuk membersihkannya sehingga bakteri tidak mampu tumbuh di gigi palsu.
Selain beberapa cara diatas, kamu pun harus memerhatikan makanan apa yang hendak di konsumsi. Anda disarankan supaya menjauhi bahan makanan semacam bawang putih atau bawang bombai. Karena makanan ini memiliki bau yang lumayan menyengat. Pilih makanan yang di dalamnya terkandung cukup air seperti wortel maupun apel yang fungsinya agar membantu kamu dalam membersihkan mulut.

Jika Anda mengonsumsi makanan dengan teratur serta sehat, hal ini juga mampu menolong kamu mencegah bau nafas. Kalian pun bisa menggunakan cairan penghilang bau mulut seperti cairan kumur. Tetapi, cairan ini hanya bertahan sementara setelah penggunaanya.

Kalau kamu kurang yakin buat menerapkan cara-cara di atas, dan jika kamu ingin mengetahui lebih lanjut mengenai penyebab serta cara menghilangkan bau mulut kamu. Konsultasikanlah ke dokter supaya bisa mendapatkan pemeriksaan lanjut.