Di zaman yang sudah maju ini lidah buaya telah di produksi menjadi berbagai macam produk mulai dari kecantikan, makanan, minuman, hingga kesehatan. Salah satu jenis produk kecantikan dari lidah buaya adalah masker lidah buaya. mungkin Anda sedang mencari tahu bagaimana cara membuat masker lidah buaya buat rambut dan kulit. Oleh karena itu, mari kita cari tahu apa saja manfaat masker dan cara membuat masker lidah buaya untuk rambut dan kulit.

Bagaimana Cara Membuat Masker Lidah Buaya untuk Kulit dan Rambut?
Ilustrasi masker lidah buaya (sumber: pixabay.com)

Lidah buaya dikenal memiliki banyak kandunga nutrisi, tanaman yang biasa tumbuh di negara beriklim tropis ini sering di gunakan sebagai bahan perawatan kulit maupun rambut. Baik itu yang telah diolah menjadi suatu produk, ataupun yang kita buat sendiri di rumah. Salah satu contohnya adalah masker lidah buaya.

Dari hasil penelitian telah di ketahui bahwasannya lidah buaya mengandung banyak Vitamin A, B, C, E, antioksidan, natrium, folat, magnesium, glukosa, serta mineral semacam kalsium. Selain itu, ternyata di dalam lidah buaya terkadung 7 dari 8 asam amino esensial serta juga berfungsi sebagai antiradang dan penuaan yang alami.

Apa Manfaat Lidah Buaya untuk Kulit dan Rambut?


Lidah buaya memiliki berbagai macam manfaat, umumnya orang menggunakan gel yang didapat dari lidah buaya sebagai obat mengatasi berbagai masalah kulit seperti, luka bakar, kulit yang terbakar sinar matahari, psoriasis, luka bibir yang diakibatkan virus herpes dan lainnya.

Tidak hanya itu saja, beberapa orang juga memanfaatkan lidah buaya ini sebagai obat penyembuh luka bedah, kulit lecet, kulit yang luka akibat radiasi, ketombe, bedsores, serta kulit kepala bersisik yang disertai dengan kemerahan. Bahan kimia yang disimpan lidah buaya diduga sebagiannya, berguna meningkatkan sirkulasi darah kecil serta membunuh bakteri dan jamur.

Senyawa aktif yang di dalam lidah buaya juga bermanfaat meringankan rasa sakit serta perdangan, bisa merangsang pertumbuhan serta memperbaiki kulit yang rusak, dan melembutkan kulit.

Akan tetapi pernyataan tentang manfaat masker lidah buaya tersebut masih kekurangan bukti serta penelitian. Ini dikarenakan penelitian klinis yang mengkaji tentang manfaat lidah buaya untuk rambut dan kulit ini bisa dikatakan masih sedikit.

Cara Membuat Masker Dari Lidah Buaya Sendiri


Gel yang terdapat di dalam lidah buaya memang sudah banyak telah diolah menjadi bahan kosmetik. Namun tidak jarang juga ada orang, khususnya wanita mengolah lidah buaya alami secara langsung di rumah. Oleh sebab itu, di bawah ini ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan membuat masker lidah buaya, yakni :

1. Cara Membuat Masker Lidah Buaya untuk Wajah

Untuk membuat masker lidah buaya buat wajah ini kamu bisa menggunakan suatu campuran atau tidak sama sekali. untuk membuat yang tanpa campuran caranya mudah, yaitu :

  • Ambil dan cuci lidah buaya hingga bersih.
  • Kupas kulit lidah buaya hingga tersisa dagingnya saja yang berwarna putih bening.
  • Ambil gel yang terdapat pada daging lidah buaya dan oleskan secara merata kebagian wajah hingga leher.
  • Tunggu kurang lebih selama 30 menit.
  • Cuci menggunakan air bersih

Anda  tidak perlu menunggu seperti yang telah di jelaskan diatas, lantaran rentang waktu penggunaan masker lidah buaya cenderung bebas. Yang penting gunakanlah masker tersebut sampai mengering. Beberapa pengguna masker lidah buaya biasanya menggunakannya di waktu malam sebelum mereka tidur dan di bersihkan setelah bangun tidur.

Selain pembuatan maskel lidah buaya secara murni tadi, kamu pun bisa menggunakan campuran seperti madu dan kayu manis. Campuran ini bermanfaat membuat kulit kamu halus, serta membasmi bakteri yang menyebabkan jerawat. Untuk cara pembuatannya adalah sebagai berikut :

  • Campurkan 1 sendok makan gel lidah buaya dengan 2 sendok makan madu yang masih murni, lalu aduk hingga merata.
  • Tahap selanjutnya ialah memasukkan 1/4 kayu manis ke campuran tadi.
  • Jika suda tercampur, barulah kamu bisa mengoleskannya ke wajah secara merata.
  • Diamkan kurang lebih selam 5-10 menit.
  • Bersihkan wajah.

2. Cara Membuat Masker Lidah Buaya untuk Rambut

Selain Mengandung vitamin-vitamin yang telah disebutkan tadi, ternyata lidah buaya mengandung vitamin yang bagus buat pertumbuhan dan kesehatan rambut yaitu vitamin B-12 dan folat. Manfaat ini berguna menjaga rambut dari kerontokan, kerusakan rambut yang disebabkan sinar matahari. Berikut adalah cara membuat maskernya :

  • Ambil 1-2 lidah buaya yang masih segar.
  • Bersihkan daun lidah buaya tersebut, lalu kupas kulitnya.
  • Setelah tersisa dagingnya saja, belender lidah buaya tanpa menggunkan air.
  • Gunakan sehabis keramas, oleskan mulai dari akar hingga ke ujung rambut, sembari memijatnya.
  • Diamkan setidaknya 1 jam.
  • Bilas menggunakan air bersih.

Apabila saat masa penggunaanya kulit Anda seperti terasa gatal dn muncul kemerahan, harap segera membilasnya hingga bersih. Jika memang di perlukan langsung saja konsultasikan ke dokter agar mendapatkan penanganan yang lebih lanjut.

BACA JUGA: