Pada umumnya jerawat akan membuat seseorang yang merasakannya akan menjadi tidak nyaman dan tentunya juga akan merusak penampilan. Pasti hampir semua dari kita pernah mengalaminya, dan tentunya akan merasa kesal pada saat berkaca kita menemukan jerawat timbul di area wajah.

Cari Tahu 7 Penyebab Jerawat Timbul Terlalu Lama di Wajah

Tanpa kamu ketahui banyak dari kebiasaan kamu sehari-hari ternyata bisa saja menjadi penyebab jerawat betah berlama-lama timbul di wajah kamu. Maka dari itu, di bawah ini kamu akan diberitahu  beberapa kegiatan yang dapat memicu timbulnya jerawat.

Penyebab Jerawa Timbul di Wajah Terlalu Lama


1. Memencet Atau Menyentuh Jerawat

Kebanyakan orang tidak menyadari bahwasannya memencet jerawat dengan maksud untuk menghilangkannya itu sebenarnya tidak bagus, karena hal ini justru akan menimbulkan masalah baru pada wajah.

Hal ini karena, pada saat Anda memencet jerawat, akan menyebabkan sumbatan di pori-pori kulit jadi semakin dangkal. Yang pada akhirnya, bisa membuat penyembuhan jerawat kamu menjadi semakin lama serta dapat meninggalkan bekas jerawat yang tidak enak untuk di pandang.

Maka dari itu, cara yang baik untuk mengatasi jerawat adalah dengan menggunakan obat yang di khususkan buat jerawat. Selain itu, kamu disarankan agar menghindari menyentuh jerawat, apalagi  menyentuhnya disaat tangan sedang kotor. Kenapa? Lantaran minyak dan kotoran yang terdapat di tangan dapat menyumbat pori kulit dan mampu memperparah masalah jerawat.

2. Minyak Rambut

Apabila kamu ingin menggunakan produk rambut seperti minyak rambut, gel rambut dan sejenisnya, sebaiknya kamu dapat menjauhkannya agar tidak terkena dahi atau bagian wajah lain lantaran hal ini mampu memicu timbulnya jerawat.

Mungkin kamu tidak mengetahui, bahwa produk-produk seperti itu ternyata bisa menyumbat pori-pori kulit terutama kulit wajah. Anda disarankan untuk mencuci rambut dengan teratur dan menghindari produk jenis seperti ini yang banyak mengandung minyak.

3. Sering Sekali Membersihkan Wajah

Memiliki wajah yang kotor sering kali diaanggap sebagai pemciu utama penyebab timbulnya jerawat. Akan tetapi, mereka tidak menyadari ternyata dengan membersihkan muka terlalu sering juga dapat menyebabkan wajah kamu mucul jerawat.

Perlu kamu ketahui mencuci muka terlalu sering itu akan tidak baik, karena hal ini mampu membuat kulit wajah jadi kehilangan minyak aslinya, dan akan mamacu kulit untuk membuat minyak secara berlebih. yang akan mengefek pada timbulnya jerawat.

Maka dari itu, agar masalah seperti ini tidak kamu alami, kamu hanya cukup membersihkan wajah 2 kali dalam sehari. Anda juga dapat membersihkannya dengan menggunakan air bersih maupu air hangat serta sabun pencuci muka khusus yang memiliki formulasi ringan. Aplikasikan sabun wajah dengan menggunakan ujung jari dan disertai dengan memijat lembut wajah kamu.

Hindari mengusap-ngusap wajah mengggunakan handuk karena hal ini bisa sajah dapat menyebabkan iritasi di kulit wajah. Untuk mengeringkan wajah, kamu hanya perlu menepuk-nepukkan handuk dengan lembut ke wajah.

4. Berlebihan Dalam mengonsumsi Makanan Manis Serta Olahan

Hingga saat saya menulis artikel ini, belum di ketahui makanan apa saja yang mampu menyebabkan munculnya jerawat. Akan tetapi, Anda diingatkan agar mengurangi makan makanan manis serta olahan. Misalnya semacam biskuit, keripik kentang, pasta dan makanan yang diproduksi dari susu akan lebih baik jika dibatasi. Hal ini lantaran, makanan-makanan tersebut di duga menjadi makanan yang berpengaruh pada timbulnya jerawat.

5. Kurang Bisa Menangani Jerawat

Jerawat membutuhkan waktu selama beberapa minggu untuk proses penyembuhannya. Kamu harus sabar lantaran biasanya jerawat tidak dapat menghilang hanya dalam kurun waktu satu hari saja. Kalau obat jerawat yang kamu gunakan tidak kunjung dapat Menghilangkan jerawat padahal sudah digunakan dalam waktu 2-4 minggu. Akan lebih baik apabila kamu segera mengonsultasikannya ke dokter agar mendapatkan penanganan yang di butuhkan.

6. Penggunaan Produk Make UP Secara Berlebih

Hindarilah penggunaan make-up secara berlebih, apabila kamu memang ingin menggunakan make-up disarankan untuk mengaplikasikan obat jerawat terlebih dahulu, dan bersihkan setelah menggunakannya apalagi pada saat ingin tidur. Buat kulit berjerawat, kamu dapat memilih make-up yang bebas dari kandungan minyak dan memicu komedo.

Baca Juga: