Seperti halnya wajah yang memiliki kelenjar sebasea yang berguna untuk memroduksi minyak, ternyatak juga dimiliki oleh punggung. Sebum yang berkumpul dan menumpuk bersamaan dengan bakteri dan juga sel kulit mati mampu menyumbat pori-pori kulit yang dapat menyebabkan jerawat timbul di daerah punggung.

6 Cara Mencegah Timbulnya Jerawat di Punggung Dengan Metode Alami

Perlu kamu ketahui, jerawat bisa muncul di mana saja selama daerah tersebut memiliki folikel rambut atau mempunyai suatu kelenjar penghasil minyak. Tetapi, akan ada perbedaan cara penanganan atau mencegah timbulnya jerawat di punggung, yang tidak sama dengan yang terdapat di wajah seperti di bawah ini.

Tips Mencegah Timbulnya Jerawat di Punggung


Untuk menghindari jerawat muncul, kamu jua perlu memerhatikan seluruh tubuh. Oleh sebab itu, dibawah ini ada beberapa tips agar Anda bisa mencegah dan mengurangi jerawat timbul di punggung, diantaranya yaitu :

1. Jangan Menggunakan Pakaian Ketat

Beberapa orang meyakini, bahwasannya pakaian yang ketat mampu membuat kotoran dan minyak menumpuk di punggung seseorang, apalagi sehabis berolahraga. Oleh karenanya, gunakanlah pakaian yang lebih longgar atau seukurang dengan tubuh kamu, supaya kulit bisa menyerap oksigen dari luar.

2. Mandi Sehabis Melakukan Olahraga

Mandi setelah berolahraga mamang sangat disarankan untuk menjaga kebersihan, karena beguna mencegah bakteri atau keringat dan kotoran yang kamu bawa dari luar menempel di punggung, lantaran hal ini mampu memicu jerawat timbul di punggung kamu.

3. Membersihkan Kulit Secara Halus

Dengan cara menggosok pada saat membersihkan area kulit yang berjerawat ini malah akan memperparahnya. Sebaiknya bersihkanlah tubuh atau kulit kamu dengan lembut untuk mencegah hal yang lebih buruk terajadi.

Selain itu juga, beberapa diet yang tidak sehat tentunya akan berpengaruh pada tubuh kita terutama kamu yang sangat mudah sekali terkena jerawat. Karna ada beberapa makanan yang bisa menjadi pemicu jerawat muncul di punggung kamu. Jadi, mulai dari sekarang cobalah untuk mengonsumsi makanan sehat seperti sayuran, buah, biji-bijian, serta makanan yang mengandung protein tanpa lemak.

Kamu juga dapat mengobati jerawat ini secara sendiri dengan menerapkan beberapa bahan seperti asam salisilat, sulfur, dan benzoil proksida. Apabila cara-cara yang telah disebutkan tersebut tidak menunjukka perubahan yang berarti, kamu dapat mengonsultasikan diri kedokter spesialis kulit agar kamu diberikan obat jerawat yang bisa melingkupi area cukup luas.

Jangan Memperburuk Jerawat Dengan Tindakan Berikut


Anda harus memengetahui beberapa kegiatan yang mampu membuat jerwat semakin meradang, Seperti :

1. Memencet Jerawat

Anda jangan pernah untuk mecoba memencet atau memijit jerawat, karena hal ini mampu menimbulkan bekas luka yang cukup dalam dan susah untuk hilang.

2. Berlebihan Dalam Membersihkan Kulit Berjerawat

Tanpa kamu sadari, terlalu sering membersihkan area tubuh yang terdapat jerawat ternyata bisa menyebabkan kulit menjadi iritasi. Hal ini lah, yang terkadang membuat kamu merasa tidak nyaman diarea kulit tersebut.

3. Penggunaan Air yang Sangat Panas Maupun Sangat Dingin

Yap, jika kamu memiliki jerawat akan lebih baik apabila kamu menghindari untuk membersihkannya menggunakan air yang terlalu panas atau pun terlalu dingin. Karena air dengan suhu seperti ini malah akan memperburuk masalah jerawat kamu.

Lebih baik kamu menggunakan air dengan suhu yang normal saja atau air hangat bila ingin membersihkan tubuh saat mandi.

Baca Juga:

Seseorang yang memiliki jerawat di area punggung, biasanya dikarenakan faktor genetik yang memproduksi minyak berlebih pada tubuh. Selain dari itu, faktor-faktor gaya hidup seseorang tidak kalah berpengaruhnya pada timbulnya jerawat di punggung ini.

Agar risiko terjangkit jerawat kamu berkurang, terapkanlah gaya hidup yang sehat serta bersih, dan kunjungilah dokter terkait apabila memang diperlukan agar kondisi jerawat yang kamu alami tidak semaki memburuk.